Stop! Hindari Kebiasaan Matikan Alarm dan Tidur Lagi, Ini 5 Bahayanya yang Harus Kamu Tahu!

herstory | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 07:30
Stop! Hindari Kebiasaan Matikan Alarm dan Tidur Lagi, Ini 5 Bahayanya yang Harus Kamu Tahu!

Banyak orang yang sulit untuk bangun pagi, lalu mereka memasang alarm untuk membangunkannya. Akan tetapi, banyak juga orang yang memiliki kebiasaan mematikan alarm dan melanjutkan tidurnya.

Kebiasaan tersebut mungkin terlihat sepele dan enggak akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Namun, faktanya dilansir dari Bright Side , menunda bangun tidur dengan cara mematikan alarm sementara atau menekan tombol snooze bisa berdampak pada kesehatan tubuh dah kulit.

Kalau kamu memiliki kebiasaan tersebut, maka kamu harus mengehentikannya. Berikut beberapa dampak buruk mematikan alarm dan lanjut tidur lagi, seperti dikutip dari Suara.com (15/9/2021).

Siklus tidur berantakan

Sekitar 2 jam sebelum bangu tidur, tubuh mulai mempersiapkan diri untuk memulai hari. Suhu tubuh akan naik dan tubuh melepaskan bahan kimia yang membuatmu merasa terjaga.

Saat kamu bangun setelah mendengar alarm pertama, tubuh sudah siap untuk proses bangun tidur. Namun, kemungkinan besar kamu akan merasa ngantuk bila menekan tombol snooze dan kembali tidur.

Lelah sepanjang hari

Menurut survei terhadap hampir 20 ribu orang menunjukkan bahwa kebiasaan itu justru akan membuat seseorang merasa lelah sepanjang hari.

Meskipun melakukan kebiasaan ini sesekali enggak akan berdampak serius, tapi kalau dilakukan terus-menerus bisa menyebabkan kurang tidur dalam jangka panjang.

Memperburuk kesehatan usus

Menunda bangun tidur dengan menekan tombol alarm sementara bisa membingungkan jam internal tubuh dan memengaruhi kualitas tidur.

Akibatnya, hal tersebut bisa berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan dan menyebabkan gangguan metabolisme dan berat badan bertambah.

Kulit lebih sensitif

Kebiasaan ini juga akan menyebabkan masalah pada kulit wajah. Saat kamu enggak memiliki waktu tidur yang cukup, kebiasaan tersebut akan meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh yang menyebabkan peradangan, produksi sebum berlebih, dan pori-pori tersumbat.

Sistem kekebalan tubuh terpengaruh

Kebiasaan mematikan alarm dan kembali tidur akan memberikan efek negatif pada sistem kekebalan tubuhmu. Kamu mungkin merasa lebih sering sakit daripada biasanya. Masalah ini terjadi karena kurang tidur terus-menerus yang melemahkan mekanisme pertahanan tubuh dan sistem kekebalan yang enggak bisa melindungimu dari virus.

Nah, itulah beberapa efek negatif yang bisa muncul saat kamu memiliki kebiasaan mematikan alarm dan kembali melanjutkan tidur. Yuk, stop melakukan kebiasaan itu, Beauty!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli