Pentingnya Kandungan Vitamin A di Skincare untuk Melawan Jerawat

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 00:30
Pentingnya Kandungan Vitamin A di Skincare untuk Melawan Jerawat

Vitamin A, khususnya dalam bentuk retinoid, dapat digunakan secara pada kulit Anda untuk banyak manfaat kesehatan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang berbagai jenis vitamin A dan bagaimana vitamin dapat bermanfaat bagi kulit Anda.

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk berbagai aspek kesehatan Anda. Ini membantu sel bereproduksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung penglihatan yang baik, dan memperbaiki kulit Anda.

Ada dua jenis vitamin A:

Retinoid (terutama Retinol) dikenal sebagai vitamin A preformed, dan dapat ditemukan dalam produk susu, ikan, dan daging. Meskipun retinol dapat dikonsumsi secara oral melalui diet atau suplemen, lebih umum menggunakan retinoid secara topikal (pemakaian luar) untuk masalah kulit.

Karotenoid (terutama beta-karoten) dikenal sebagai provitamin A. Sedangkan retinoid sudah menjadi Vitamin A, ini harus dimetabolisme dan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Karotenoid ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dan biasanya dikonsumsi secara oral.

Vitamin A efektif untuk mencegah jerawat karena meningkatkan pergantian sel, kata Margarita Lolis MD, dokter kulit bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group di New Jersey.

Pergantian sel kulit mencegah kulit mati menyumbat pori-pori, yang menurut Lolis bisa menjadi penyebab utama jerawat. Selain itu, pergantian sel dapat mengurangi peradangan, yang membantu mengobati dan mencegah jerawat merah yang meradang.

Retinoid topikal adalah bentuk terbaik dari Vitamin A untuk mengobati jerawat. Sebuah studi kecil tahun 2008 meneliti kemanjuran dua bentuk retinoid topikal populer: adapalene dan tazarotene.

172 peserta dengan jerawat menggunakan gel topikal retinoid selama 12 minggu, dan keduanya terbukti efektif. Mereka yang menggunakan adapalene mengalami pengurangan jerawat sebesar 61%, dan mereka yang menggunakan tazarotene mengalami pengurangan 57%.

Retinol yang dijual bebas atau retinoid resep harus dioleskan untuk menghilangkan jerawat. Lolis mengatakan bahwa vitamin A paling baik digunakan secara topikal untuk menargetkan kulit secara langsung, dan bahwa sebagai suplemen oral, vitamin A hampir tidak seefektif untuk jerawat atau manfaat perawatan kulit lainnya.

Selain pengurangan jerawat, manfaat lain dari peningkatan pergantian sel kulit adalah pengurangan garis-garis halus dan kerutan, kata Lolis. Sel-sel kulit mati terkelupas, memperlihatkan sel-sel kulit yang lebih baru dan lebih sehat.

Selain itu, Lolis mengatakan bahwa vitamin A memiliki sifat antioksidan. Antioksidan melawan pembentukan radikal bebas, yang merupakan zat yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Dengan memerangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, penuaan kulit dapat diperlambat, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, kata Lolis.

Selanjutnya, retinoid merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang dibuat secara alami oleh tubuh kita yang membantu menjaga kulit kita tetap kenyal dan halus.

Meningkatkan produksi kolagen dapat mengurangi kerutan dan membuat kulit tampak lebih muda secara keseluruhan.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2015, para peneliti menemukan bahwa retinol topikal meningkatkan kadar protein kolagen pada wanita, dan melihat peningkatan kerutan yang signifikan setelah periode 12 minggu.

Mereka juga mencatat penebalan epidermis, atau lapisan luar kulit. Biasanya, seiring bertambahnya usia, epidermis menjadi lebih tipis, jadi ini adalah cara lain retinol dapat melawan penuaan.

Warna kulit secara keseluruhan dapat ditingkatkan dengan retinoid juga. Menurut Harvard Medical School, retinoid dapat menghasilkan produksi pembuluh darah baru di kulit, yang dapat meningkatkan warna dan warna kulit agar terlihat lebih muda.

Ini juga dapat membantu dengan munculnya bintik-bintik gelap yang datang seiring dengan penuaan.

Artikel Asli