Bermacam Potensi Penggunaan

koran-jakarta.com | Gaya Hidup | Published at 15/09/2021 00:00
Bermacam Potensi Penggunaan

Teknologi jaringan komunikasi jaringan nirkabel area lokal (wireless local area network/ WLAN) Li-Fi bisa menjadi pilihan alternatif dari Wi-Fi. Beberapa potensi penggunaan Li-Fi misalnya untuk komunikasi di kabin pesawat, rumah sakit, di dalam air, dan lainnya.
Pada penggunaan di dunia medis Li-Fi menjanjikan. Selama ini di ruang operasi tidak diizinkan penggunaan Wi-Fi karena masalah interferensi gelombang. Di ruang tersebut Li-Fi dapat digunakan untuk mengakses internet dan juga untuk mengontrol peralatan medis.
"Ini akan bermanfaat untuk melakukan operasi robotik dan prosedur otomatis lainnya," ujar ujar anggota Badan Pengurus, Masyarakat Insinyur Pencahayaan India, Dr Prakash Barjatia, dalam tulisannya di laman Electrical India.
Li-Fi yang memanfaatkan cahaya tampak dalam mengirimkan data hingga bawah air. Penggunaan peralatan kapal selam laut dalam tanpa awak (remotely operated vehicle/ROV) yang beroperasi di bawah air, membuka peluang operasi militer dan evakuasi kecelakaan kapal atau pesawat, dan juga membuka harapan baru bagi eksplorasi di air dari jarak jauh.
Li-Fi dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang kuat pada saat terjadi bencana seperti gempa bumi atau angin topan. Bisa demikian karena dapat menembus seperti di stasiun kereta bawah tanah dan terowongan. Selain itu teknologi itu dapat beroperasi di zona mati ketika teknologi komunikasi lain tidak mampu beroperasi.
Dari sisi kecepatan Li-Fi dapat dipakai pada pembangkit listrik tenaga nuklir yang membutuhkan sistem data yang cepat dan saling terhubung sehingga permintaan, integritas jaringan, dan suhu inti dapat dipantau. Teknologi ini cukup aman karena tidak menimbulkan gangguan komunikasi radio yang bisa terjadi di area sensitif di sekitar pembangkit listrik ini.
Bagi awak dan penumpang pesawat, Li-Fi bisa diandalkan dalam komunikasi berkecepatan tinggi dan bebas gangguan interferensi. Tidak seperti gelombang radio, cahaya tampak itu tidak mengganggu sistem navigasi pilot hingga aman digunakan.
Li-Fi dapat dipakai untuk manajemen pengaturan lalu lintas. Lampu lalu lintas LED dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan kendaraan melalui menggunakan lampu LED yang dipancarkan mobil. Sistem dapat memberi peringatan pengemudi saat ada kendaraan lain terlalu dekat.
Ponsel, laptop, tablet, dan ponsel pintar lainnya dapat dengan mudah terhubung satu sama lain dengan teknologi seluler dari Li-fi. Jaringan jarak pendek dapat menghasilkan kecepatan data yang sangat tinggi dan keamanan yang lebih tinggi.
Teknologi tersebut menawarkan kemudahan karena cahaya ada di mana-mana dan bebas digunakan, ada ruang lingkup besar untuk penggunaan dan evolusi. Jika teknologi ini telah matang, setiap bohlam Li-Fi dapat digunakan untuk mengirimkan data.
"Dengan semakin populernya teknologi Li-Fi, maka akan mengarah pada sistem komunikasi yang lebih bersih, lebih hijau, ekonomis, dan lebih aman," pungkas Barjatia. hay/I-1

Artikel Asli