Merasa Lelah di Sore Hari? Lakukan 6 Cara Ini Agar Kembali Bersemangat

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 14:59
Merasa Lelah di Sore Hari? Lakukan 6 Cara Ini Agar Kembali Bersemangat

Bisnis.com, JAKARTA Merasa lelah dan lesu di sore hari bisa menyerang siapa saja. Begitu juga saat Anda sedang bekerja. Terkadang saat sore tiba, Anda harus berjuang melawan keinginan untuk berbaring karena Anda kelelahan.

Jika sore hari adalah waktu Anda berjuang melawan kelelahan, Anda tidak sendirian. Rentang perhatian kita menurun secara alami di sore hari karena tubuh kita memiliki sistem peringatan internal yang oleh para ilmuwan disebut sebagai sistem peringatan sirkadian yang menguat dan berkurang sepanjang hari.

Ketika kemrosotan sore ini melanda, Anda dapat terus mendorong rasa lelah Anda, atau mundur selangkah. Anda juga dapat mencoba beberapa tips berikut, melansir Huffpost, Selasa (14/9/2021)yang terbukti dapat member Anda dorongan energi yang Anda butuhkan untuk melewati sisa hari kerja.

1. Minum lebih banyak air

Cobalah untuk minum lebih banyak air, jika Anda merasa begitu lelah dan kepala Anda berdenyut-denyut. Dehidrasi dapat membuat Anda lelah, dan orang-orang di tempat kerja sering lupa untuk tetap terhidrasi saat duduk atau menatap layar sepanjang hari.

Bahkan ketika Anda mengalami dehidrasi ringan, ini dapat mengganggu kinerja kognitif, menyebabkan konsentrasi yang buruk dan masalah memori jangka pendek, serta kemurungan dan kecemasan, menurut penelitian.

2. Nyalakan lampu atau pergi keluar

Jika Anda merasa lesu setelah makan siang, mungkin dengan terkena lebih banyak cahaya dapat membantu Anda. Jika pergi keluar bukanlah suatu pilihan, Anda dapat menyalakan lampu di tempat Anda bekerja. Sebuah penelitian menemukan bahwa cahaya yang lebih intens dapat meningkatkan perasaan waspada dan vitalitas.

Namun jika memungkinkan, pergilah keluar ruangan.

Cahaya luar jauh lebih kuat daripada apa yang Anda dapatkan di dalam ruangan, kata Paul Glovinsky, direktur klinis St. Peter's Sleep Center di Albany, New York, dan penulis You Are Getting Sleepy: Lifestyle-Based Solutions for Insomnia.

3.Tidur siang

Daripada memaksakan diri untuk lelah, luangkan sedikit waktu Anda untuk beristirahat, agar Anda bisa menyelesaikan hari Anda dengan kuat dan semangat. Pastikan untuk mengatur waktu dengan benar, dan jangan tidur lebih dari satu jam.

Beberapa melakukannya dengan baik dengan power nap 20 menit, yang lain dengan 30 atau 45 menit, kata Glovinsky. Dia tidak menyarankan untuk tidur siang lebih dari satu jam karena akan membuat Anda terjaga di malam hari.

4. Bicaralah dengan seseorang

Angela Karachristos, seorang pelatih karir yang sebelumnya bekerja di bidang sumber daya manusia, mengatakan kemerosotan sorenya melanda setiap hari tepat pukul 2 siang. Dia mencoba menjadwalkan percakapan yang dapat membuatnya bersemangat di sore hari, menghemat pekerjaan solonya yang terfokus untuk pagi hari.

Terkadang, dia emncoba terhubung dengan teman atau kolega atau mencoba menjadwalkan pertemuan selama waktu itu sehingga dia dapat terlibat dalam percakapan.

Salah satu strategi manajemen waktu saya adalah menyelesaikan semua pekerjaan yang harus saya lakukan secara mandiri di pagi hari. kata Karachristos.

5. Makan camilan yang menyenangkan dan memotivasi

Apa yang kita makan dan minum dapat membuat perbedaan besar untuk pemecahan masalah, rentang perhatian, dan memori. Makanan otak seperti brokoli, biji-bijian, lentil dan telur, misalnya, dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat Anda sangat membutuhkannya.

Dan Anda dapat menganggap istirahat yang Anda ambil untuk makan camilan Anda sebagai sesuatu yang dinanti-nantikan.

6. Pikirkan tentang aktivitas apa yang menyehatkan Anda, dan luangkan waktu untuk itu

Anda mungkin terkuras secara fisik dan mental saat sore tiba, dan membuat Anda berpikir untuk terus bekerja tanpa istirahat untuk menyelesaikannya. Tetapi secara berlawanan, dengan berpikir tentang aktivitas yang menyenangkan dapat membuat Anda tetap termotivasi untuk melewati setiap hari.

Itu sebabnya Adjoa Osei, seorang psikolog klinis berlisensi, merekomendasikan untuk merenungkan aktivitas apa yang menyehatkan dan menyegarkan Anda, dan melakukannya. Jawabannya dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kepribadian Anda.

Bagi sebagian orang, itu bisa berupa gerakan, seperti jalan-jalan, istirahat menari dengan musik, peregangan atau melihat gambar yang menyenangkan, kata Osei. Bagi orang lain, mungkin perlu waktu sejenak untuk keheningan, seperti fokus pada napas atau meditasi Anda.

Artikel Asli