Jangan Dianggap Sepele, 4 Jenis Kentut Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Tubuh Lho!

herstory | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 13:45
Jangan Dianggap Sepele, 4 Jenis Kentut Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Tubuh Lho!

Beauty, enggak bisa dipungkiri kalau buang angin alias kentut menjadi salah satu kebiasaan yang tentu dilakukan oleh semua orang setiap harinya. Kentut atau keluarnya gas dari dalam tubuh adalah normal dan berkaitan dengan pencernaan.

Ada yang kentut tanpa suara, bersuara keras, hingga bau yang menyengat. Di samping itu, tahu enggak sih Beauty kalau dari kentut ternyata bisa mendeteksi kondisi kesehatan tubuh, lho !

Dengan kata lain, setiap gas yang dikeluarkan memiliki arti tersendiri terhadap kondisi tubuh. Mungkin, banyak di antara kamu yang masih enggak menyadari hal itu atau bahkan menganggapnya sepele, bukan?

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/9/2021), berikut empat jenis kentut yang dapat mendeteksi kondisi kesehatan tubuh dan perlu kamu ketahui.

Kentut yang bau, tapi enggak bunyi

Beauty yang sering merasakan jenis kentut seperti ini, bisa dikatakan kalau kondisi kesehatanmu baik-baik aja kok .

Biasanya kentut ini terjadi karena makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan belerang yang tinggi seperti kol, brokoli, kangkung, pakcoy, telur, bawang dan juga daging.

Makanan ini termasuk dalam jenis makanan yang paling baik untuk tubuh kita karena memiliki banyak manfaat.

Kentut yang enggak bau

Kalau jenis kentut ini bisa menandakan, tubuhmu sedang diisi dengan banyak udara atau angin. Menurut seorang ahli gastroenterology di New York mengatakan bahwa kentut yang enggak berbau ini biasanya karena angina yang mendapatkan tekanan.

Biasanya udara tersebut bisa tertekan akibat aktifitas yang kita lakukan seperti memakan permen, meminum minuman yang bersoda dan menghisap permen.

Jika, enggak keluar sebagai ketut maka udara ini akan keluar menjadi sendawa juga lho! Meskipun terdengar enggak berbahaya, tapi udara ini tetap harus dikeluarkan dari tubuh kamu ya supaya enggak ada penumpukan udara di dalam tubuh.

Kentut yang keluar secara berurutan

Jenis kentut ini biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi merupakan makanan nabati seperti kacang, lentil, asparagus hingga pisang hijau. Kandungan serat larut yang ada pada makanan tersebut menghasilkan gas di dalam sistem pencernaan kita lho!

Lalu, kalau jenis kentut ini dibarengi dengan bau maka bisa jadi tubuh kamu sedang mengalami intoleransi makanan, atau kondisi ketika tubuh sedang kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dengan baik. Keadaan ini biasanya terjadi karena seseorang memakan laktosa (susu) dan gluten (gandum).

Kentut berbau menyengat

Terakhir ada jenis kentut yang berbau menyengat. Jenis kentut yang satu ini biasanya menandakan kalau ada yang enggak beres dengan perut kamu.

Biasanya, akibat ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di sistem pencernaanmu. Oleh karena itu kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung Prebiotik yang tinggi. Makanan ini berfungsi untuk menetralkan bakteri jahat dan meningkatkan produksi bakteri baik di dalam penceraanmu.

Nah Beauty, itu dia jenis kentut yang bisa mendeteksi kondisi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli