Ahli Ungkap Bahaya Pakai Sikat Gigi Bersama Meski Satu Keluarga, Jangan Coba-coba Ya!

herstory | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 13:30
Ahli Ungkap Bahaya Pakai Sikat Gigi Bersama Meski Satu Keluarga, Jangan Coba-coba Ya!

Menyikat gigi menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan gigi. Namun, pemakaian sikat gigi enggak boleh bersama dengan orang lain, meskipun satu keluarga.

"Itu sudah sering diberikan edukasi penggunaan alat kesehatan yang bergiliran, apalagi dengan keluarga. Sama sekali gak boleh (bergantian pakai sikat gigi)," kata dokter spesialis gigi drg. Ni Kadek Eka Widiadnyani, Sp.KG, dikutip dari laman sindikasi Suara.com (14/9/2021).

Meskipun anggota keluargamu sehat, berbagai sikat gigi yang sama tetap enggak boleh dilakukan. Hal tersebut dikarenakan rongga mulut menjadi pintu utama juga rumah bagi banyak mikroorganisme dari luar.

Jadi, meskipun sudah dibersihkan dengan pasta gigi dan obat kumur, mikoorganisme tersebu tetap bisa menempel pada pasta gigi yang digunakan.

"Kalau dicampur-campur berisiko menularkan suatu penyakit rongga mulut nantinya. Jadi, satu sikat gigi, satu orang dipakai. Walaupun itu satu keluarga," ujarnya.

Selain itu, penggunaan sikat gigi juga harus diperhatikan. Jangan sampai sikat gigi dipakai terlalu lama sampai bulu sikatnya mekar. Sebab, bulu sikat yang mekar sudah enggak efektif untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi.

Penggunaan sikat gigi yang bulu sikatnya sudah mekar juga bisa berbahaya bagi gusi, sehingga gusi bisa menjadi sakit dan keluar darah.

"Penggunaan sikat gigi jangan terlalu lama karena dengan adanya tekanan menyebabkan bulu sikat jadi mekar. Kalau sudah mekar enggak bisa maksimal menghilangkan plak dan sisa makanan. Mekar juga bisa melukai gusi sehingga jadi sakit dan keluar darah," pungkasnya.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli