Baru Mau Belajar Make Up? Ini 12 Urutan yang Wajib Kamu Ketahui

limone.id | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 06:41
Baru Mau Belajar Make Up? Ini 12 Urutan yang Wajib Kamu Ketahui

Sesungguhnya, setiap wanita memiliki tips dan cara berdandan yang berbeda-beda. Akan tetapi jika kamu pemula dan ingin mencoba mengaplikasikan riasan pada wajah, maka terdapat beberapa urutan make up yang wajib kamu ketahui. Berikut 12 langkah merias wajah yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah, terutama untuk para pemula.

Pelembap

urutan make up
Foto: www.xframe.io

Sebelum mulai menggunakan riasan wajah, ada baiknya kamu mempersiapkan kulit dengan menggunakan pelembap berkualitas tinggi. Terdapat beberapa jenis pelembap yang dapat kamu gunakan, mulai dari yang paling ringan hingga berat, di antaranya adalah:

Untuk mengaplikasikan pelembap yang tepat adalah dengan menuangkannya secara perlahan pada jari, kemudian, oleskan pelembap mulai dari bagian dahi dengan gerakan memutar. Kemudian lakukan gerakan yang sama pada hidung, pipi, dan seluruh area wajah dengan merata. Biarkan beberapa menit hingga produk ini mengering dan meresap ke dalam kulit.

Primer

Foto: www.freepik.com

Setelah kulit terasa lembap dan siap untuk menggunakan riasan, maka urutan make up selanjutnya adalah mengaplikasikan primer. Produk yang satu ini dapat membuat tampilan riasan lebih tahan lama. Nantinya primer dapat mengisi garis-garis halus serta pori wajah, sehingga bisa meratakan tekstur kulit.

Jika kamu ingin mengaplikasikan riasan wajah ini, cobalah dengan mengoleskannya pada area tengah wajah, dan melanjutkannya secara perlahan ke arah pipi, dahi, dan dagu. Ketika menggunakan primer pada kulit sensitif seperti di sekitar kelopak mata, pastikan kamu menggunakan produk yang memang khusus ditujukan untuk area wajah tersebut.

Alas Bedak

Foto: www.freepik.com

Pemilihan warna alas bedak yang tepat merupakan kunci utama dari penggunaan alat riasan wajah yang satu ini. Jika kamu kesulitan untuk menentukan warna yang cocok, maka cobalah untuk mengoleskannya pada garis rahang dengan membuat garis tegak lurus mulai dari rahang hingga ke arah leher.

Jika warnanya dapat menyatu dengan kulit dan membuat foundation terlihat transparan, maka selamat... karena kamu telah menemukan warna yang cocok untuk digunakan. Setelah memilih produk, maka selanjutnya kamu perlu mempertimbangkan alat untuk mengaplikasikannya.

Beberapa wanita lebih senang mengoleskan alas bedak secara langsung menggunakan jari. Namun sebagian lainnya memilih kuas dan spons. Setelahnya, kamu bisa mulai mengaplikasikan foundation pada bagian tengah wajah, kemudian meratakannya secara perlahan ke seluruh area.

Concealer

urutan make up
Foto: www.pexels.com

Sesungguhnya, terdapat dua kategori utama dari concealer yakni berbentuk cair dan stick . Produk berbahan cair merupakan pilihan terbaik ketika kamu ingin memiliki hasil akhir yang ringan, apalagi pada area kerutan seperti sekitar mata dan mulut. Sementara concealer stick atau compact akan cocok untukmu yang menginginkan coverage tebal.

Kamu bisa memiliki dua warna concealer , yakni sesuai warna kulit untuk menutupi bintik hitam, mata panda, jerawat, dan noda lainnya. Dan yang kedua adalah produk dengan warna yang lebih terang dibanding warna kulit, yang bertujuan untuk menonjolkan area wajah tertentu.

Biasanya beberapa wanita lebih senang mengaplikasikan concealer terlebih dahulu dibanding foundation . Namun sebenarnya urutan make up dari kedua produk ini dapat disesuaikan dengan keinginan. Kamu bisa mencoba keduanya dan temukan metode mana yang paling cocok untuk menciptakan hasil akhir yang halus dan menawan.

Menariknya, kamu juga bisa menggunakan concealer dengan spons basah atau kuas make up . Jika kamu ingin menonjolkan beberapa bagian wajah, maka cobalah letakkan titik-titik kecil di area tengah dahi, tengah hidung, bawah mata, lengkungan di atas dagu, dan di bawah bibir. Kemudian ratakan dengan lembut pada area sekitarnya.

Bedak

Foto: www.freepik.com

Urutan make up selanjutnya adalah penggunaan bedak. Untuk pengaplikasian produk riasan yang satu ini, kamu bisa menggunakan kuas bedak yang besar dan halus, kemudian mengoleskannya secara tipis ke seluruh area wajah. Jika terdapat area tertentu pada kulit yang berminyak atau sensitif, kamu bisa membubuhkan lebih banyak bedak.

Cukup tempelkan kuas pada bedak, kemudian aplikasikan pada kulit dengan menekannya secara kuat. Hal ini dapat membantu bedak untuk masuk ke dalam pori-pori.

Perona Pipi

urutan make up
Foto: www.xframe.io

Memiliki pipi yang merona merupakan kunci dari make up yang kamu gunakan. Pasalnya penggunaan blush on akan menambah daya tarik dan membuatmu tidak terkesan pucat saat menggunakan riasan. Akan tetapi, terdapat banyak warna perona pipi yang ada di pasaran, yakni:

Merah muda

Ketika menggunakan rona merah muda, kamu dapat mengaplikasikannya hanya pada bagian apel pipi. Pasalnya blush on ini dirancang untuk meniru perona pipi alami yang diciptakan oleh tubuh. Untuk menemukan apel pipi caranya sangat mudah, karena ini merupakan bagian depan pipi yang menonjol ketika kamu sedang tersenyum.

Plum

Biasanya plum blush digunakan oleh individu yang memiliki warna kulit sedang hingga gelap. Kamu bisa mengaplikasikan perona pipi ini sama seperti mereka yang menggunakan warna merah muda. Cobalah untuk mengoleskannya pada area pipi yang menonjol ketika kamu tengah tersenyum.

Peach

Selain menggunakan blush on warna merah muda, kamu juga bisa mengaplikasikan produk ini untuk membantu membentuk dan menambahkan sedikit warna pada wajah. Sapukan perona pipi peach di sepanjang tulang pipi, mulai dari dekat telinga dan berakhir pada bagian atas pipi.

Highlighter

Foto: www.freepik.com

Fungsi highlighter pada riasan adalah untuk menambahkan kesan mengilap pada riasan. Namun, terdapat banyak bentuk yang ada, mulai dari highlighter cair, krim, dan bubuk.

Kamu bisa mengaplikasikan riasan ini pada bagian atas tulang pipi, sudut dalam kelopak mata, area tulang alis, dan lekukan di atas bibir. Selain itu, jangan lupa oleskan pada tengah dahi dan dagu.

Eyeshadow

Foto: www.xframe.io

Ketika mengaplikasikan riasan, pastinya area mata menjadi bagian yang tidak boleh terlewat. Cobalah gunakan dua eyeshadow berwarna terang dan gelap. Oleskan bayangan yang lebih terang pada seluruh kelopak mata, mulai dari garis bulu mata hingga atas lipatan kelopak mata.

Kemudian tambahkan warna gelap pada sudut luar mata dan di bagian bawah tulang alis. Jika kamu ingin tampilan yang lebih intens, maka aplikasikan kembali warna yang lebih gelap.

Eyeliner

urutan make up
Foto: www.freepik.com

Salah satu urutan make up tersulit adalah mengaplikasikan eyeliner . Karena jika ada satu kesalahan, maka hal ini bisa memengaruhi seluruh penampilan wajah. Karena terdapat banyak jenis eyeliner , maka kamu dapat memilihnya sesuai dengan selera.

Ketika menggunakan riasan mata berbahan cair, maka kamu bisa mulai mengaplikasikannya secara tipis di surut dalam mata, lalu buat lebih tebal ke arah sudut luar.

Jika kamu menginginkan tampilan mata kucing, jangan lupa untuk memilih eyeliner gel yang memiliki kuas berukuran tipis. Sementara untuk bentuk pensil, maka produk ini sangat cocok untuk menciptakan smoky eye .

Maskara

urutan make up
Foto: www.freepik.com

Saat kamu hanya menggunakan satu produk riasan, maka maskara merupakan urutan make up yang tidak boleh terlewatkan. Beberapa sapuan maskara dapat membuat mata terlihat lebih cerah dan menarik. Hitam dan cokelat menjadi warna yang paling populer.

Untuk mengaplikasikannya, jangan lupa menjepit bulu mata terlebih dahulu. Kemudian, aplikasikan maskara secara perlahan. Jika bulu mata menggumpal, maka bersihkan dan oleskan kembali lapisan kedua.

Lipstik

urutan make up
Foto: www.freepik.com

Sebelum mengoleskan lipstik, ada baiknya kamu memerhatikan kesehatan bibir. Jika bibirmu pecah-pecah, maka gunakan scrub bibir yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Kemudian, aplikasikan pelembap bibir untuk membuatnya tampak lebih lembut.

Setelahnya, barulah gunakan lipstik dengan warna yang sesuai dengan selera. Oleskan pada bagian tengah bibir dan seret aplikator ke bagian lainnya dengan merata.

Setting Spray

Foto: www.xframe.io

Urutan make up terakhir adalah gunakan setting spray yang dapat membuat seluruh riasan agar bertahan lebih lama. Produk yang satu ini memang dirancang untuk semua jenis kulit dan membantumu tidak perlu mengaplikasikan riasan secara berulang-ulang.

Semprotkan setting spray setidaknya 8 inci dari wajah, dan pastikan kamu mengaplikasikannya dengan rata pada seluruh bagian wajah. Kamu bisa mulai menyemprotkan dalam bentuk X pada wajah, kemudian lanjutkan dengan membentuk huruf T. Setelahnya, biarkan cairan mengering secara alami.

Artikel Asli