Ini 3 Makanan Pilihan Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Penyakit

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 09:11
Ini 3 Makanan Pilihan Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Penyakit

Bisnis.com , SOLO - Bagi umat Islam, Rasulullah SAW adalah uswatun hasanah atau teladan yang baik dalam setiap aspek kehidupan.

Oleh sebab itu, banyak yang menjadikan sosoknya sebagai contoh dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, tak hanya hal-hal yang sifatnya ibadah dan juga sosial kemasyarakatan, Nabi Muhammad juga memberi contoh tentang bagaimana menjaga kesehatan tubuh.

Ia bahkan memberi sejumlah saran makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi dan dapat mengobati serta mencegah penyakit. Berikut tiga di antaranya.


1. Kurma
Dilansir dari laman Unair, kandungan antioksidan yang tinggi pada kurma dapat menghindarkan seseorang dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer.

Selain itu, kurma juga tinggi akan serat. Dalam setiap porsi 3,5 ons terdapat 7 gram kadar serat. Kandungan tersebut bermanfaat melancarkan pencernaan, mencegah konstipasi, dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, terutama dalam membentuk feses.

2. Habbatussauda
Habbatussauda atau jintan hitam dikenal sebagai penyembuh segala macam penyakit. Ibnu Sina, ilmuwan Persia yang terkenal dari zaman Keemasan Islam, dalam jurnal medisnya Canon of Medicine mengungkapkan bahwa biji jintan hitam bermanfaat sebagai obat sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya.

Lebih jauh, sifat antioksidan dalam jintan hitam juga berkhasiat mengurangi peradangan tubuh, misalnya luka dan juga sel kanker.

3. Madu
Madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid.

Oleh karenanya, tak heran jika meminum madu dapat meningkatkan imunitas tubuh, menangkal radikal bebas, mempercepat penyembuhan luka, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung.

Adapun khasiat madu ini sudah dimanfaatkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah menyebutkan bahwa madu adalah obat dari segala penyakit. Seperti yang disampaikan lewat hadis berikut:

"Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian, ada dua penyembuhan, yaitu Al-Qur'an dan madu," (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadis Ibnu Mas'ud).

Umumnya, madu tergolong aman dan tidak banyak menimbulkan efek samping. Akan tetapi, madu tidak boleh diberikan kepada anak dengan usia di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

Artikel Asli