4 Jenis Makanan untuk Sarapan Ini Ampuh Atasi Masalah Pencernaan, Bye-bye Sembelit...

herstory | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 06:25
4 Jenis Makanan untuk Sarapan Ini Ampuh Atasi Masalah Pencernaan, Bye-bye Sembelit...

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang terbiasa sarapan dengan makanan apa saja. Sarapan itu memang penting karena baik untuk tubuh, terutama dalam membantu melancarkan pencernaan. Alih-alih terbiasa sarapan dengan menu apapun, kebiasaan ini bisa menggangu sistem pencernaan tubuh lho . Ujung-ujungnya, bikin buang air besar (BAB) enggak lancar deh ....

Selain bikin perut terasa enggak nyaman, BAB atau yang dikenal dengan sembelit ini bisa menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Mulai dari perut kembung, wasir, hernia, rahim bermasalah, gagal ginjal, hingga radang usus. Duh , ngeri banget enggak sih?

Nah , buat Beauty yang mengalami masalah gangguan pencernaan atau sulit BAB, ada jenis makanan yang bisa kamu santap saat sarapan. Jenis makanan ini memiliki nutrisi tertentu yang dapat membantumu mengatasi gangguan pencernaan.

Penasaran jenis makanan apa saja yang dimaksud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut empat di antaranya:

Oatmeal

Oatmeal menjadi jenis sumber serat yang dapat mencegah mostipasi atau BAB. Oatmeal terbagi menjadi dua jenis, serat larut air dan enggak larut air.

Serat larut air akan menyerap air sehingga feses menjadi besar, lunak, dan mudah dikeluarkan. Sementara itu, oatmeal dengan jenis serat enggak larut bergerak cepat melalui saluran pencernaan sehingga mampu mencegah sembelit.

Mengolah oatmeal saat sarapan enggak membutuhkan banyak waktu, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan segar atau madu manis agar lebih menggiurkan.

Pepaya

Seperti yang disebut dalam laman Food NDTV, pepaya juga menjadi salah satu kudapan saat sarapan yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Memulai pagi hari dengan pepaya dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan sepanjang hari. Hal ini dikarenakan adanya enzim pencernaan yang disebut dengan papain.

Yogurt

Selain mengandung kalsium, protein, dan nutrisi lainnya, yogurt memiliki bakteri baik buat usus. Yogurt membantu menyingkirkan racun dan bagus untuk detoks alami tubuh.Probiotik dalam yogurt ini dapat meningkatkan waktu transit di usus, frekuensi feses, dan juga konsistensi feses.

Biji Chia

Terakhir ialah biji chia, salah satu superfood ini mengandung serat dan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga, dapat membantu memperlancar pencernaan. Kamu bisa menambahkan biji chia ke dalam menu sarapan apa pun, seperti bubur atau smoothie .

Nah Beauty, itu dia empat jenis makanan yang bisa memperlancar buang air besar. Dijamin bikin 'plong'... bye-bye sembelit!

Semoga bermanfaat ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli