Dinosaurus Naga Terbang Prasejarah Ditemukan, Ilmuwan Ungkap Fakta Mengejutkan

okezone | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 02:20
Dinosaurus Naga Terbang Prasejarah Ditemukan, Ilmuwan Ungkap Fakta Mengejutkan

ILMUWAN Cile mengumumkan telah menemukan fosil yang disebut naga terbang di Gurun Atacama, Cile. Dinosaurus "kadal bersayap" era Jurrasic adalah pterosaurus dan sebelumnya diperkirakan hanya hidup di Belahan Bumi Utara.

Reptil terbang milik sekelompok pterosaurus awal yang menjelajahi bumi 160 juta tahun yang lalu. Ia memiliki ekor panjang runcing, sayap dan tajam, gigi mengarah ke luar.

Sisa-sisa makhluk itu pertama kali digali pada 2009, tetapi baru sekarang telah dikonfirmasi sebagai pterosaurus rhamphorhynchine, makhluk pertama yang ditemukan di Gondwana, benua super prasejarah yang kemudian membentuk daratan Belahan Bumi Selatan.

 

Sisa-sisa fosil binatang itu ditemukan oleh Osvaldo Rojas, Direktur Museum Sejarah Alam dan Budaya Gurun Atacama, dan kemudian diselidiki lebih lanjut oleh para ilmuwan di Universitas Cile.

Rincian penemuan, yang pertama menghubungkan makhluk tersebut ke belahan bumi selatan, diterbitkan dalam jurnal Acta Palaeontologica Polonica.

"Ini menunjukkan distribusi hewan dalam kelompok ini lebih luas daripada yang diketahui sampai sekarang," kata Jhonatan Alarcon, ilmuwan Universitas Cile yang memimpin penyelidikan seperti dilansir dari Daily Sabah, Senin (13/9/2021).

Artikel Asli