5 Pilihan Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga untuk Memulihkan Otot

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 05:50
5 Pilihan Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga untuk Memulihkan Otot

Ketika Anda telah selesai berolahraga, pilihan makanan setelah berolahraga dapat berdampak nyata pada kebugaran Anda.

"Satu konsep yang saya coba untuk dipahami oleh para atlet adalah bahwa manfaat dari latihan tidak terjadi sampai latihan selesai, dan tubuh Anda pulih dan berusaha menjadi lebih kuat atau lebih cepat," kata John M. Martinez, MD, seorang dokter kedokteran olahraga yang telah bekerja dengan tim USA Triathlon.

Martinez merekomendasikan agar orang--terutama mereka yang berlatih pada tingkat tinggi--mengonsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat dalam waktu satu jam setelah menyelesaikan latihan mereka.

Idealnya, karbohidrat dan protein ini harus berasal dari makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak, tetapi suplemen protein atau shake juga dapat bekerja dalam keadaan darurat.

Protein akan membantu memperbaiki dan membangun otot, sedangkan karbohidrat akan menstabilkan gula darah dan mencegah tubuh memecah otot.

Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk camilan atau makanan setelah berolahraga yang bisa memulihkan otot.

Ikan dan ayam

Ikan dan ayam menyediakan protein tanpa lemak, yang harus menjadi landasan makanan atau camilan setelah berolahraga.

Protein tanpa lemak - yang meliputi ikan, kacang-kacangan, dan unggas tanpa tulang dan tanpa kulit - memungkinkan Anda mendapatkan semua manfaat protein untuk kesehatan dan pemulihan otot, dengan lebih sedikit kalori dan lebih sedikit lemak jenuh daripada protein seperti daging sapi atau babi.

2. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian kompleks yang memiliki dua hal penting pasca-latihan: karbohidrat dan protein.

"Jika Anda menyukai biji-bijian, quinoa mungkin adalah pilihan terbaik Anda," kata Stacie Stephenson, DC, spesialis kedokteran fungsional dan pendiri VibrantDoc.

Selain itu, quinoa bebas gluten, jadi ini merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang tidak toleran terhadap gluten atau yang memiliki penyakit celiac.

3. Alpukat

"Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi dan merupakan pilihan yang baik, terutama untuk atlet dengan diet rendah karbohidrat atau ketogenik," kata Martinez.

Misalnya, satu buah alpukat memiliki sekitar 13 gram lemak tak jenuh tunggal, 2,5 gram lemak tak jenuh ganda, dan 3 gram lemak jenuh.

Kandungan lemak tinggi ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Protein shake atau susu cokelat

Protein shake sangat populer karena merupakan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan protein setelah berolahraga. Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda meminum protein shake berkualitas tinggi yang tidak mengandung gula.

Menurut ahli, protein shake nyaman dan mudah dicampur dan diminum setelah berolahraga. Protein shake berkualitas tinggi biasanya memasok sekitar 30 gram protein termasuk 3 hingga 4 gram asam amino leusin, yang membantu meningkatkan pertumbuhan otot.

"Ini bekerja sebagai minuman pemulihan karena mengandung karbohidrat dan protein, tapi itu benar-benar tidak berbeda dengan makan lain dengan makronutrien itu," pungkas Martinez.

Artikel Asli