Berhubungan Seks Dapat Bantu Mengatasi Masalah Hidung yang Tersumbat

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at 14/09/2021 00:15
Berhubungan Seks Dapat Bantu Mengatasi Masalah Hidung yang Tersumbat

Para peneliti menemukan bahwa mengalami orgasme saat berhubungan seks ternyata dapat membersihkan hidung yang tersumbat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Ear, Nose & Throat Journal pada Januari 2021.

Peneliti utama Olcay Cem Bulut, seorang profesor dan dokter telinga, hidung, dan tenggorokan di Klinik SLK di Jerman, mengatakan bahwa ia dan timnya belum tahu bagaimana tepatnya orgasme membuka sumbatan hidung.

Namun, Bulut mengatakan "kombinasi gairah seksual, kegembiraan, aktivitas fisik, dan klimaks di akhir mungkin dapat membantu meningkatkan pernapasan hidung."

Olahraga dan perubahan hormonal diketahui memiliki efek jangka pendek pada bagaimana orang bernapas melalui hidung, tetapi ini adalah studi pertama yang menyelidiki efek aktivitas seksual pada pernapasan hidung.

Bulut dan rekan penelitinya merekrut delapan belas pasangan heteroseksual untuk penelitian ini. Mereka memastikan tidak ada peserta yang memiliki riwayat masalah hidung, dan juga menentukan bahwa kedua pasangan perlu mencapai orgasme agar data valid.

Mereka menilai diri mereka sendiri sebelum dan sesudah berhubungan seks pada suatu hari, kemudian melakukan tes yang sama setelah menggunakan semprotan dekongestan hidung pada hari berikutnya.

Pernapasan hidung mereka membaik selama satu jam setelah berhubungan seks dan minum obat, tetapi semprotan hidung menawarkan bantuan jangka panjang yang lebih baik.

Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum dokter dapat meresepkan seks untuk menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat.

"Penelitian lebih lanjut dapat menyelidiki apakah masturbasi menawarkan manfaat yang sama, tetapi sejauh ini tidak ada yang setuju untuk melepaskan cinta diri untuk berada di kelompok kontrol," kata Bulut.

Jika penelitian di masa depan mendukung temuan awal ini, orgasme pada akhirnya dapat diresepkan untuk mengobati sakit kepala yang berhubungan dengan masalah sinus juga, para penulis mencatat.

Artikel Asli