Bukan Cuma Faktor Usia, Ini 10 Penyebab Keriput Timbul di Wajah yang Jarang Kamu Sadari!

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 15:10
Bukan Cuma Faktor Usia, Ini 10 Penyebab Keriput Timbul di Wajah yang Jarang Kamu Sadari!

Keriput adalah hasil dari penuaan kulit yang terjadi secara alami. Kulit menjadi lebih tipis seiring waktu karena produksi kolagen dan protein elastin yang lebih rendah. Keriput biasanya ada di dahi, sudut-sudut luar mata, dan garis vertikal di kedua sisi mulut.

Selain usia, ternyata ada beberapa kebiasaan mengejutkan yang bisa menyebabkan keriput di wajah yang mungkin enggak kamu sadari. Berikut Akurat.co penyebab kulit keriput yang sering tak disadari banyak orang, dilansir pada Minggu, (12/9/2021):

Tidur tengkurap

Membiarkan wajah menempel di bantal dapat menyebabkan kerutan. Tidur telentang adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap halus. Namun jika kamu harus tidur tengkurap atau menyamping, sebaiknya gunakan sarung bantal satin.

Mengunyah permen karet

Menurut Women's Health , mengunyah permen karet dapat menyebabkan kerutan di sekitar mulut bagian bawah. Cobalah menggantinya dengan permen keras atau membatasi jumlah permen karet yang kamu kunyah setiap saat.

Menghabiskan banyak waktu dengan gawai

Mengutip Allure , terlalu banyak bermain gadget bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Enggak hanya di bawah dagu, bermain ponsel akan menyipitkan mata ke layar sehingga menyebabkan kerutan di sekitar mata.

Minum alkohol

Minum alkohol dapat mengeringkan kulit, yang pada akhirnya akan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Inilah yang akan membentuk kerutan pada kulit.

Merokok

Mengerucutkan bibir untuk menghisap rokok dapat menyebabkan garis-garis halus di sekitar mulut. Selain itu, merokok menghambat aliran darah ke kulit, yang dapat menambah usia wajah.

Konsumsi gula berlebih

Makan gula rafinasi mengarah ke proses yang disebut glikasi, dilansir Women's Health . Gula dalam aliran darah menempel pada kolagen dan elastin di kulit, menyebabkannya menjadi kaku.

Pada akhirnya ini menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Oleh sebab itu, batasi konsumsi gula. Ini enggak hanya menimbulkan keriput, juga berbagai masalah pada bagian tubuh lainnya.

Enggak memakai tabir surya

Keriput cenderung muncul di bagian tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti wajah dan leher, punggung tangan, dan lengan. Bahkan jika hanya berada di bawah sinar matahari sebentar, sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Eskpresi wajah

Saat tertawa, tersenyum, atau cemberut, lekukan terbentuk di bawah permukaan kulit. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitas, meninggalkan lekukan di sana untuk selamanya. Tapi, ini bukan berarti kamu enggak boleh berekspresi, ya.

Memencet jerawat

Jerawat memang menjengkelkan, tetapi yang terbaik adalah enggak menyentuhnya. Seperti yang disebutkan dalam Women's Health , menarik kulit untuk mengeluarkan jerawat dapat menyebabkan kerutan dalam jangka panjang.

Lupa menghapus riasan

Dermatologis Jeannette Graf mengatakan bahwa tidur tanpa menghapus foundation dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan menyebabkan kerutan pada wajah. Jadi, jangan pernah tidur tanpa menghapus riasanmu.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli