Moms, 5 Cara Ini Bisa Membuat Kamu Terhindar dari Sifat Posesif ke Pasangan

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 14:15
Moms, 5 Cara Ini Bisa Membuat Kamu Terhindar dari Sifat Posesif ke Pasangan

Dalam suatu hubungan, prelaku posesif dapat terjadi karena beberapa faktor. Menurut Dr. Carla Marie Manly, Ph.D, seorang clinical psychologist, dilansir dari cosmopolitan.co.id, faktor seperti kurangnya rasa percaya diri, atau memilki trus issue yang terlalu tinggi, serta 'jiwa' manipulatif yang kental terdapat pada pasangan yang memiliki perilaku posesif.

Namun, terkadang perilaku posesif sering kali tak disadari.

Untuk itu, lakukan kebiasaan ini supaya kamu tidak menjadi pasangan yang posesif.

1. Asah rasa percaya diri

Langkah yang terpenting dalam menyingkirkan sikap posesif adalah dengan menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Terdapat beberapa cara mudah untuk meningkatkan rasa percaya diri, menurut seorang psikiatri, Tess Brigham, yakni dengan berhenti membandingkan diri dengan orang lain, serta mneyadari kalau banyak keberhasilan yang selama ini kamu raih dalam hidup.

2. Pahami kalau batasan itu penting

Kamu perlu membuat batasan antara kamu dan pasangan. Ini bisa kamu lakukan dengan cara membiarkan pasanganmu melakukan aktivitas yang ia sukai. Oleh karena itu, kamu juga harus lakukan aktivitas yang bisa membuatmu lupa waktu dan karena ini hubungan kalian akan lebih berwarna.

3. Coba untuk lebih dekat dengan lingkungan pertemanannya

Pikiran-pikiran negatif yang sering kamu miliki memiliki solusi yang mudah untuk dihilangkan. Kamu bisa ikut nongkrong bareng dengan mereka, ini akan membuat pikiran buruk kamu jadi hilang.

Tapi, kalau kenyataannya teman pasanganmu memiliki perilaku toxic, sebaiknya kamu komunikasikan secara baik-baik, tak hanya sekadar melarang.

4. Komunikasi satu sama lain

Kamu dan pasanganmu perlu mengkomunikasian segala sesuatu dengan baik. Dalam suatu hubungan, komunikasi merupakan alat yang bisa membuat perjalanan cintamu lancar.

Menurut Jude Treder-Wolff, seorang pyschotherapist, komunikasi yang sehat akan menjadi dorongan kuat bagi kedua pasangan untuk bisa terus maju dan jauh dari drama yang berlebihan

5. Jauhi tragedi masa lalu

Hal ini sebaiknya kamu hindari. Menurut ahli wellness and health, Kathy Gruver, Ph.D, rasa stres dan cemas yang akan diakibatkan oleh masa lalu akan terus menghantui pikiran jika kamu tidak melakukan proses penyembuhan.

Itulah beberapa cara supaya kamu jauh dari perilaku posesif terhadap pasangan kamu sendiri.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli