Bahaya yang Mengintai dari Kebiasaan Menggigit Bibir, Salah Satunya Kanker! Jangan Disepelekan Ya!

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 14:30
Bahaya yang Mengintai dari Kebiasaan Menggigit Bibir, Salah Satunya Kanker! Jangan Disepelekan Ya!

Beauty, apakah kamu punya kebiasaan menggigit bibir? Biasanya, seseorang menggigit bibir saat sedang berbicara atau juga respons fisik terhadap keadaan emosional, seperti stres, ketakutan atau merasa cemas.

Ya, kebiasaan itu mungkin sekilas terlihat normal-normal saja. Tapi, jika kamu punya kebiasaan itu, sebaiknya hentikan deh, Beauty,

Karena ternyata, menggigit bibir bisa jadi penyebab seseorang terserang berbagai penyakit mematikan, termasuk kanker mulut lho . Kok bisa?

Menurut Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Hananto Seno, kebiasaan mengigit bibir berisiko menyebabkan luka dan iritasi pada bibir.

Dampaknya, luka tersebut berisiko menjadi jalur masuk berbagai kotoran dan virus yang bersumber dari benda, makanan, dan minuman yang di konsumsi.

"Kotoran dan virus langsung terserap ke aliran darah. Tanpa melewati serangkaian pencernaan dan bisa berbahaya bila menyerang sistem saraf," kata Hananto, seperti dikutip dari laman medcom.id.

Hananto melanjutkan, sistem saraf yang terserang bakteri dan virus itu, bisa menyebabkan gangguan pada triliunan sel yang tersebar di dalam tubuh manusia.

Dan, ketika sel itu terganggu maka akan berkembang dan berlipat ganda menjadi sel-sel yang baru dan membelah diri hingga jumlahnya sudah tak bisa dikendalikan lagi.

"Nah, kelebihan inilah yang bisa memicu munculnya sel kanker," ujarnya.

Namun, lanjut Hananto, hal itu juga tergantung dari sistem tubuh manusianya sendiri.

Kata dia, semakin kuat daya tahan tubuh seseorang, maka semakin kecil pula risiko seseorang terserang kanker rongga mulut maupun penyakit lainnya.

Kemudian, dr. Thomas Connelly, Dokter Gigi dari New York, pun menuturkan, kebiasaan menggigit bibir bisa menyebabkan luka pada area bibir dan tentunya membahayakan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Lesi mulut yang kronis dapat mengembangkan kanker pada jangka waktu yang panjang. Untuk itu, segera temukan pemicu dari kebiasaan tersebut agar bisa segera ditangani, ungkap dr. Connelly.

Tak hanya itu, menurut Merck Manual Professional Version, kamu pun harus segera menghentikan kebiasaan menggigit bibir karena bisa menyebabkan perdarahan pada mulut, yang akhirnya bisa membuat mulut membengkak, Beauty.

Jadi, stop kebiasaan menggigit bibir ya, Beauty!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli