Awas! 5 Jenis Makanan Ini Pantang Dikonsumsi ketika Perut Kosong

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 13:50
Awas! 5 Jenis Makanan Ini Pantang Dikonsumsi ketika Perut Kosong

Beauty, ketika perut terasa lapar tentu kamu ingin melahap semua jenis makanan bukan? Tapi, tahu enggak sih Beauty, ada jenis makanan tertentu yang harus dihindari untuk dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Saat perut sedang terasa lapar, akan cenderung makan apa saja tanpa memikirkan efek kesehatan. Misalnya, dengan menikmati camilan berkalori tinggi dengan dalih mengganjal perut lapar.

Tahukah Beauty, kalau hal tersebut justru bisa menyebabkan mual dan diare. Bahkan, dalam beberapa kasus hal tersebut bisa menyebabkan keracunan makanan.

Hal ini terjadi karena saluran gastrointesnital dalam tubuhmu bisa menjadi lebih sensitif terhadap makanan tertentu, jika kau sudah lama kehabisan tenaga. Namun, ini bukan berarti kalau semua makanan bisa kamu makan saat perut kosong ya, Beauty.

Berikut ini lima jenis makanan tertentu yang patut dihindari saat perut kosong, seperti dilansir dari laman Boldsky, Senin (13/9/2021).

Alpukat

Buah hijau yang satu ini memang sarat akan nutrisi. Alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, melindungi mata, mengatur gula darah, dan lain sebagainya.

Tapi, mengkonsumsi alpukat dengan keadaan perut kosong hanya akan memperburuk kesehatan. Kandungan lemak dalam alpukat dicerna dengan sangat lambat dan dapat memicu refluks pada beberapa kasus.

Sayuran mentah

Sayuran secara alami bermanfaat bagi kesehatan. Namun, kamu harus menghindari mengkonsumsi sayuran mentah dalam keadaan perut kosong.

Memakannya hanya akan membuat kamu terlalu kenyang dan bahkan dapat menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari. Sayura berserat juga bisa menjadi sulit dicerna, menyebabkan gas, serta kembung.

Buah

Meskipun makan satu apel atau pisang baik-baik saja dikonsumsi saat perut kosong, makan buah dalam porsi besar akan menyebabkan gula darah naik.

Hal ini akan membuatmu merasa lelah dan lapar kembali dalam rentang waktu 30-60 menit. Keasaman yang terkandung dalam buah-buahan juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Makanan berenergi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung energi saat perut kosong berbayaha untuk kesehatan. Makanan yang diklaim sumber energi sehat itu bisa menjadi berat saat perut kosong, menyebabkan gas, dan ketidaknyamanan saat tubuh mencoba mencerna makanan.

Keripik

Beauty, mungkin enggak sedikit di antara kamu yang menjadikan keripik sebagai pengganjal lapar. Mengkonsumsi keripik saat perut kosong juga harus dihindari lho , Beauty.

Baik itu dipanggang atau dogoreng, garam dalam keripik enggak baik untuk pencernaan saat perut sudah lama enggak diisi.

Nah Beauty, itu dia lima jenis makanan yang wajib dihindari saat perut kosong. Semoga bermanfaat!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli