Ingin Rak Buku di Rumah Terlihat Lebih Cantik? Coba Ikuti 7 Inspirasi Ini

limone.id | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 06:41
Ingin Rak Buku di Rumah Terlihat Lebih Cantik? Coba Ikuti 7 Inspirasi Ini

Ketika kamu gemar membaca, mungkin tanpa sadar akan mengoleksi buku. Tidak terasa, tumpukan koleksi buku pun menjadi semakin tinggi dan kamu ingin koleksi itu terlihat rapitidak hanya menjadi tempat menempelnay debut. Untungnya, terdapat delapan teknik untuk menata rak buku yang bisa kamu tiru sekarang juga.

Tips Menata Rak Buku yang Kreatif

rak buku
Foto: www.unsplash.com

Agar dekorasi rumah terlihat lebih rapi dan menarik, maka kamu bisa menyusun buku dengan kreatif.

Menata sesuai warna

Untukmu yang gemar mengoleksi buku, maka cobalah untuk mengelompokkannya sesuai dengan cover yang memiliki warna senada. Selain lebih rapi, teknik ini akan menampilkan gradasi warna yang indah. Mulai dari ditata berurutan seperti warna pelangi, atau kamu juga bisa menggunakan konsep black and white .

Jejerkan sesuai jenis buku

Pada dasarnya, buku yang beredar memiliki dua jenis sampul halaman depan, yakni hard cover dan soft cover . Hal ini juga bisa menjadi inspirasimu untuk menata buku di rak sesuai dengan jenis sampulnya. Cukup susun buku yang memiliki jenis soft cover di sisi bagian kanan, dan meletakkan hard cover pada area rak buku bagian kiri.

Mengombinasikan peletakan

Ingin kumpulan buku terlihat lebih menarik? Cobalah untuk menata buku secara vertikal dan horizontal secara bergantian di dalam rak buk. Meski sebagian orang menganggap akan terkesan berantakan, namun kamu bisa menyusunnya sesuai ketebalan.

Meletakkan sesuai genre

Jika kamu memiliki setumpukan buku dengan berbagai genre, maka menyusun buku berdasarkan genre cerita pun wajib untuk dicoba. Pisahkan buku horor, fiksi, romantis, bisnis, atau lainnya dan mulailah untuk meletakkannya sesuai jenis cerita yang diangkat.

Selain itu, menata koleksi tersebut sesuai genre dapat memudahkanmu ketika sedang mencari bahan bacaan.

Menata sesuai alfabet

Salah satu cara menata rak buku yang menarik adalah mengelompokkannya berdasarkan alfabet. Untuk memulainya, kamu perlu membuat daftar buku apa saja yang dimiliki. Selanjutnya mulai urutkan dari huruf A hingga Z. Penataan buku sesuai huruf depan ini juga akan memberikan kesan rapi dan estetik.

Menambahkan dekorasi rak buku

Untuk membuatnya tidak terlihat membosankan, maka cobalah untuk menambah dekorasi untuk dipajang berdampingan. Kamu bisa meletakkan hiasan gantung, foto keluarga, atau lukisan di antaranya. Nantinya, rak bukumu akan terkesan lebih menarik dan tidak monoton.

Urutkan sesuai penulis

Jika kamu memang gemar membaca, biasanya akan memiliki beberapa penulis buku favorit. Hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbanganmu ketika ingin menatanya, yakni sesuai dengan huruf pertama dari nama pengarangnya.

Susun dari tingginya

Pada dasarnya, buku memiliki ukuran yang beragam, mulai dari tinggi, lebar, dan tebalnya. Jika kamu memiliki koleksi buku yang beragam, maka cobalah mengaturnya sesuai ukuran yang paling tinggi hingga terendah, seperti anak tangga.

Inspirasi Desain Rak Buku

rak buku
Foto: www.unsplash.com

Ini tujuh desain rak buku yang bisa menjadi inspirasimu.

Menggunakan tangga

Foto: www.pinterest.com/PlusMinusco.com

Jika kamu memiliki tangga yang tidak terpakai di rumah, maka cobalah untuk menempelkannya pada dinding. Biasanya tangga yang digunakan adalah berbahan dasar kayu dengan warna cokelat. Setelah itu, letakkan buku di sela-sela pijakan tangga. Lalu, cobalah untuk meletakkan lampu-lampu kecil yang mengelilingi tangga agar terkesan lebih menarik.

Berdesain futuristik

Foto: www.pinterest.com/Houzz

Desain jenis ini akan sangat cocok untukmu yang memiliki dekorasi rumah modern dan futuristik. Jangan lupa untuk menyesuaikan panjang rak dengan luas dinding yang tersedia. Biasanya untuk mendapatkan model rak buku yang satu ini kamu perlu memesannya secara khusus agar bisa sesuai dengan keinginan.

Memanfaatkan rak buku lama

rak buku
Foto: www.pinterest.com/Sophie Allegra

Meski rak buku tua terlihat lebih jadul , namun kamu bisa memanfaatkannya dengan menambahkan beberapa pernak-pernik yang menarik. Cobalah untuk melakukan pengecatan ulang dengan memilih warna kesukaan, dan mulai letakkan koleksi buku dan aksesoris tambahan agar terlihat lebih modern dan menarik.

Gunakan ambalan

Foto: www.pinterest.com/Wallniture

Untukmu yang memiliki ruangan dengan luas yang terbatas namun tetap ingin memamerkan koleksi buku, maka memasang ambalan merupakan opsi terbaik. Ambalan yang ditempelkan pada dinding tidak akan memakan banyak tempat, dan menjaganya terlihat lebih menarik.

Kamu juga dapat meletakkan dua hingga tiga ambalan untuk meletakkan buku dan menambahkan vas bunga atau foto keluarga di sebelahnya.

Gunakan rak buku tertutup

rak buku
Foto: www.pinterest.com/Honey Wood Home

Meletakkan buku di dalam rak yang tertutup menjadi pilihan yang cocok untukmu yang menginginkan buku agar tetap bersih dan terbebas dari debu. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot untuk membersihkannya secara rutin. Jenis rak yang satu ini bisa membuat ruangan menjadi terkesan rapi dan bersih.

Memanfaatkan area kosong

rak buku
Foto: www.pinterest.com/Scout The City

Cobalah untuk melihat beberapa bagian kosong yang ada di dalam rumah. Biasanya, area bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai rak untuk menyimpan koleksi bacaanmu. Di area ini, kamu juga bisa menyimpan beberapa barang lainnya untuk menambah dekorasi ruangan.

Rak buku dengan desain menarik

Foto: www.pinterest.com/Odditymall

Tak hanya berbentuk persegi panjang, rak buku juga bisa memiliki desain yang beragam. Mulai dari menyerupai ranting pohon, huruf alfabet, hingga berbentuk gitar atau piano yang akan sangat pas untukmu yang memiliki jiwa seniman.

Artikel Asli