Catat Moms! Ini Tips Menyelamatkan ASIP Saat Mati Listrik, Jangan Panik Lagi!

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 13:15
Catat Moms! Ini Tips Menyelamatkan ASIP Saat Mati Listrik, Jangan Panik Lagi!

Buat para Moms menyusui, terlebih yang nyambi sebagai wanita karier, stok ASI perah (ASIP) pasti jadi harta karun yang gak ternilai harganya.

Agar bisa digunakan hingga 3 bulan ke depan, Moms biasanya menyimpan ASIPdi dalam freezer dengan suhu minimal 4 derajat celsius.

Tapi, gimana kalau aliran listrik di rumah mati tiba-tiba mati? Tentunya Moms harus siap siaga menyelamatkan ASIP ini demi si kecil, kan.

Nah, dilansir dari laman parentalk.id, berikut cara-cara yang bisa Moms coba untuk menyelamatkan ASIP saat mati listrik. Disimak baik-baik ya!

1. Kumpulkan ASIP di bagian terdalam freezer

Dikatakan konsultan laktasi Krista Gray, hal penting yang harus dilakukan adalah mengumpulkan semua ASIP di freezer . Satukan botol atau kantong ASIP beku dengan posisi yang berdempetan. Tujuannya, agar ASIP yang beku bisa saling mendinginkan.

Kalau sudah, sebaiknya Moms egak bolak-balik membuka freezer ya agar suhunya tidak terpengaruh suhu ruangan yang lebih hangat. Kecuali, Moms mau menyelamatkan ASIP beku ini ke tempat yang lebih aman.

Pastikan juga ASIP di freezer tidak tercampur bahan makanan seperti daging atau ikan, biar kualitas ASIP Moms tetap baik.

2. Siapkan stok es

Nah berikutnya , untuk jaga-jaga kalau mati listriknya lama, Moms bisa menyiapkan stok es di freezer . Tempatkan es di freezer , bareng sama stok ASIP yang tersedia. Atau kalau di rumah ada termos berukuran besar, seperti termos box, Moms bisa menaruh es dan ASIP di dalam termos.

3. Bungkus kertas

Menurutdokter Kathleen Berchelmann dari St. Louis Children Hospital, kertas dan kantong zip lock bisa dimanfaatkan buat menahan suhu dingin ASIP. Caranya, masukkan ASIP ke dalam kantong terus bungkus lagi pakai kertas

ASIP yang sudah terbungkus bisa disimpan lagi dalam freezer atau cooler bag . Selain buat menyelamatkan ASIP saat mati listrik, cara ini juga bisa kamu manfaatkan buat membawa ASIP waktu lagi traveling .

4. Gunakan ice gel

Sama seperti es batu, ice gel atau dry ice dapat menjaga ASIP awet dingin. Saat mati listrik, tempatkan ice gel atau dry ice bersamaan dengan ASIP di freezer. Atau kalau ASIP mau dipindah pakai cooler bag , Moms dapat memanfaatkan ice gel buat mendinginkan tas ini.

Dan sebaiknya, Moms selalu menyimpan cadangan ice gel di kulkas. Jadi sewaktu-waktu dibutuhkan, benda ini siap digunakan.

5. Minta bantuan kerabat

Jika mati listrik di rumah berlangsung lama, Moms bisa meminta bantuan saudara, tetangga atau kerabat lain di sekitar rumah buat menumpang menyimpan ASIP. Tapi perhatikan proses pemindahannya ya.

Gunakan cooler bag buat memindahkan ASIP dari rumah ke tempat kerabat. Terus perhatikan juga kondisi ASIP. Misalnya, ASIP beku kamu sudah mulai mencair, coba lihat apakah masih ada kristal es di dalamnya.

ASIP yang setengah beku dan banyak kristal esnya dapat bertahan sampai maksimal 24 jam. Kalau enggak ada perubahan warna atau bau, berarti ASIP masih bisa disimpan lagi dalam freezer .

Tapi kalau sudah banyak yang cair dan ternyata ada perubahan, lebih baik kamu tidak menyimpan ASIP ini lagi.

Nah, semoga informasinya bermanfaat ya, Moms!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli