Gunakan Cara Ini untuk Menagih Utang ke Teman

glitzmedia.co | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 12:03
Gunakan Cara Ini untuk Menagih Utang ke Teman

Cocok nih untuk digunakan saat yang berutang lebih galak dari yang diutang!


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), utang adalah uang yang dipinjam atau dipinjamkan pada orang lain. Karena sifatnya pinjaman, maka orang tersebut wajib mengembalikan dalam batas waktu yang dijanjikan.


Bila batas waktu telah lewat tetapi orang tersebut belum juga mengembalikan, tidak ada salahnya buat kamu untuk menagih utang ke teman atau orang yang kamu pinjamkan uang. Tapi terkadang, jika yang punya utang adalah teman sendiri, kamu kadang bingung untuk menagihnya.


Ada rasa tidak enak, tetapi di sisi lain kamu juga membutuhkan uang yang dipinjam itu. Nah, kalau kamu saat ini sedang terjebak dalam situasi seperti itu, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan unutk menagih utang ke teman yang bisa diikuti.


MENGAJAKNYA BERBELANJA

Cara menagih utang ke teman yang pertama adalah dengan mengajaknya berbelanja atau makan di restoran. Belilah barang yang sesuai dengan jumlah utang teman pada kamu. Kemudian saat hendak membayar, langsung todong teman kamu untuk membayarkan belanjaan tersebut.


MEMINTA BANTUAN TEMAN

Cara menagih utang ke teman kedua yang bisa kamu lakukan adalah meminta bantuan teman. Misalnya, buatlah skenario dengan salah satu teman untuk pura-pura menagih utang pada kamu lewat Whatsapp.


Kemudian, forward -lah pesan tersebut pada teman atau pihak yang berutang. Sehingga kesan yang muncul adalah kamu tidak punya uang untuk membayar utang dan meminta teman kamu untuk segera membayarkan utangnya pada kamu.


MEMINTA LANGSUNG

Kalau kamu termasuk orang yang terbuka, bisa menerapkan cara menagih utang ke teman yang satu ini. Bila tidak ingin mempermalukan atau menyinggungnya, kamu bisa tagih dengan nada gurauan. Seperti, Eh kayanya ada yang punya utang nih? Ha ha ha....




(Elizabeth Puspa/ Andiasti Ajani, foto: medium.com,shartruwealth.com.au)
Artikel Asli