Tak Hanya Mengatasi Darah Tinggi, Pola Makan Ini juga Bisa Ambrolkan Asam Urat! Yuk Dicoba

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 12:00
Tak Hanya Mengatasi Darah Tinggi, Pola Makan Ini juga Bisa Ambrolkan Asam Urat! Yuk Dicoba

Diet kaya buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak dan pengurangan asupan lemak jenuh, yang dirancang untuk menurunkan tekanan darah tinggi ternyata juga bisa mengatasi masalah asam urat lho.

Tentu sudah enggak asing lagi dengan asama urat, pasalnya ini merupakan salah satu bentuk radang sendi yang sangat menyakitkan dan bisa mengganggu aktivitas penderitanya. Gejala asam urat, seperti peradangan dan nyeri tajam pada persendian, terutama di pangkal jempol kaki, bisa diredakan dengan menjalani pola hidup yang sehat.

Temuan menunjukkan bahwa diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yang dirancang terutama untuk mengurangi tekanan darah dapat menjadi pendekatan diet yang efektif, aman dan berkelanjutan untuk menurunkan asam urat. Ini juga bisa mencegah kambuhnya asam urat pada mereka dengan penyakit ringan hingga sedang dan para penderita yang tak bisa atau tak mau minum obat untuk mengobati asam uratnya.

Diet DASH yang terdiri dari pengurangan garam, mengonsumsi lebih banyak biji-bijian, buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak dan pengurangan asupan daging merah, dan lemak jenuh ini pertama kali dilakukan untuk mengatasi masalah tekanan darah dan kadar kolesterol.

"Hasil uji coba diet ini adalah kabar baik bagi pasien dengan kadar asam urat, darah tinggi atau mereka yang berisiko terkena asam urat. Pendekatan diet untuk mencegah asam urat harus dipertimbangkan sebagai terapi lini pertama," kata Edgar R. Miller III, Profesor di Johns Hopkins. Universitas, Maryland, AS dikutip dari Boldsky (13/9/2021).

Semakin tinggi kadar asam urat awal peserta, semakin dramatis penurunannya. Bagi mereka dengan kadar asam urat dasar tertinggi, misalnya, lebih dari 7 miligram per desiliter, penurunannya mencapai 1,3 miligram per desiliter.

"Efeknya begitu kuat pada beberapa peserta sehingga hampir sebanding dengan yang dicapai dengan obat yang secara khusus diresepkan untuk mengobati asam urat," kata para peneliti.

Studi ini menunjukkan bahwa saran diet standar untuk pengurangan asam urat, yaitu mengurangi asupan alkohol dan protein, sekarang harus memasukkan diet DASH. Di sisi lain, diet yang berlebihan, seperti mengonsumsi banyak daging merah dan alkohol, telah lama dikaitkan dengan asam urat, penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar asam urat dalam darah dan penyebabnya tetap menjadi teka-teki meskipun telah diteliti selama berabad-abad.

Namun, para peneliti memperingatkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih jelas membangun hubungan antara diet DASH dan asam urat. Selain itu, penelitian juga masih dibutuhkan untuk secara langsung mengeksplorasi apakah diet tersebut dapat mengurangi atau mencegah kambuhnya asam urat.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli