5 Sayuran Ini Wajib Dihindari Kalau Enggak Mau Asam Urat Kambuh!

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 11:15
5 Sayuran Ini Wajib Dihindari Kalau Enggak Mau Asam Urat Kambuh!

Penderita asam urat perlu memilih-milih sayuran yang akan dikonsumsi. Pasalnya, beberapa sayuran ternyata bisa membuat asam urat kamu kambuh lho.

Asam urat sendiri merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang enggak tertahankan bagi penderitanya. Selain itu, adanya pembengkakan dan juga rasa panas di persendian.

Asam urat bisa terjadi di semua sendi pada tubuh. Namun, bagian tubuh yang paling sering terkena adalah sendi jaringan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Biasanya rasa sakit ini akan berlangsung tiga sampai 10 hari. Pembengkakan juga enggak hanya terjadi di sendi, tetapi juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah.

Apa Itu Asam Urat?

Di Indonesia, asam urat dan rematik sering kali disamakan. Padahal sebenarnya ini adalah dua penyakit berbeda.

Jangan sampai tertukar ya Moms, asam urat dan rematik adalah penyakit berbeda. Asam urat adalah penyebab nyeri pada sendi, sedangkan rematik adalah penyebab nyeri pada otot.

Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat.

Seseorang yang suka mengonsumsi olahan makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat, seperti jeroan, hidangan laut, daging merah serta mengonsumsi minuman beralkohol, akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi atau penyakit ginjal kronik. Penelitian juga membuktikan bahwa penyakit asam urat dapat bersifat genetik.

Dokter menarankan untuk mengonsumsi obat penurun kadar asam urat, seperti allopurinol ketika kamu mulai menderita gejala asam urat serta menjauhi makanan yang bisa memicu timbulnya asam urat.

Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

1. Kembang Kol

Kembang kol sering kali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk. Kembang kol mengandung purin dalam jumlah tinggi. Purin untuk kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

2. Bayam

Bayam mengandung zat besi yang tinggi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan falvonoid. Bayam memiliki 57 gram purin dalam setiap 100 gram bayam.

3. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang sebainya dihindari untuk penderita asam urat. Ini dikarenakan kandungan purin pada setiap 100 gram asparagus sebanyak 23 gram.

4. Jamur

Jamur juga ternyata mengandung purin yang cukup tinggi dalam satu porsi lho. Hal ini membuat jamur jadi pengganti daging yang buruk bagi kamu yang mencoba untuk mengikuti diet asam urat.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan produk nabati yang memiliki kadar purin yang tinggi dan harus dihindari penderita asam urat. Kacang polong sendiri memiliki kandungan purin yang tinggi, yakni 5-100 miligram purin per 3.5 ons.

Itulah sayuran yang sebaiknya kamu hindari kalau kamu enggak mau asam uratmu kambuh. Terus jaga kesehatan dengan menjaga pola makan sehat ya Moms!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli