Air Kelapa Dianggap Bisa Bunuh Covid-19, Benar Enggak Ya?

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 10:00
Air Kelapa Dianggap Bisa Bunuh Covid-19, Benar Enggak Ya?

Beberapa waktu sempat ramai yang mengatakan bahwa racikan air kelapa yang dicampur dengan jeruk nipis, madu dan garam disebut-sebut bisa dikonsumsi sebagai obat herbal pembunuh virus Covid-19.

Pesan tersebut juga mengatakan bahwa setelah 1 jam mengkonsumsi campuran bahan-bahan tersebut, virus dalam tubuh akan hilang dan tes swab akan menunjukkan hasil negatif.

Namun, dikutip dari laman resmi Covid19.go.id , hal ini adalah hoax.

Dokter spesialis gizi klinik dr Sheena Ra, M. Gizi, SpGK menjelaskan bahwa makanan dan minuman bergizi tentu baik untuk dikonsumsi sebagai upaya memelihara daya tahan tubuh dan mencegah infeksi virus Corona.

Namun, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa terdapat jenis makanan atau minumat ataupun ramuan tertentu yang bisa menghilangkan Covid-19.

Kandungan Air Kelapa

Air kelapa mengandung macronutrient dan micronutrient. Secara macronutrient, maka sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Air kelapa mengandung 94 persen air, 5 persen karbohidrat terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Sedangkan kandungan micronutrient yang menonjol pada air kelapa adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

Vitamin B9 dikenal sebagai Folat. Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan. Vitamin B6 ini perannya besar sekali di dalam sistem imun.

"Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan Vitamin B mereka. Kebetulan Vitamin B itu memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh, jadi reaksi kimia di dalam tubuh itu banyak didukung oleh Vitamin B," ungkap Saptawati Bardosono, dokter spesialis gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dikutip dari CnnIndonesia.com

Tak dipungkiri, air kelapa memang mengandung banyak vitamin. Namun alih-alih air kelapa untuk covid atau penghilang efek vaksin, Tatik menyarankan orang minum air kelapa muda selama masa pandemi semata-mata untuk menjaga hidrasi tubuh.

Itulah penjelasan mengenai air kelapa yang sempat beredar di media sosial. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli