Gak Semua Aman, Ini 5 Sayuran yang Baik dan Sehat untuk Penderita Diabetes!

herstory | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 09:30
Gak Semua Aman, Ini 5 Sayuran yang Baik dan Sehat untuk Penderita Diabetes!

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh melonjaknya kadar gula dalam darah. Kalau diabaikan, penyakit diabetes bisa memunculkan komplikasi yang serius.

Para penderita diabetes juga harus selalu memerhatikan makanan yang dikonsumsi, termasuk sayuran. Banyak penderita diabetes yang mungkin belum tahu kalau beberapa jenis sayuran menyebabkan lonjakan gula darah tinggi. Makanya, kamu perlu lebih memerhatikan asupan sayuran yang dikonsumsi, ya.

Melansir dari Express (13/9/2021), berikut ini beberapa jenis sayuran yang aman dikonsumsi para penderita diabetes. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran sehat yang aman dikonsumsi para penderita diabetes. Brokoli memiliki kadar indeks glikemik hanya 10. Sayuran ini cukup tinggi serat, serta penuh dengan vitamin A, C, dan K.

Tomat

Tomat juga aman dikonsumsi para penderita diabetes. Pasalnya, sekitar 140 gram toman hanya memiliki kadar indeks glikemik 15 sehingga sayuran ini sangat baik untuk membantu mengontrol gula darah.

Wortel

Wortel juga memiliki kadar indeks glikemik yang sangat rendah, yakni 14 ketika mentah dah 41 jika sudah direbus. Meskipun wortel rasanya manis, sayuran ini rendah pati sehingga indeks glikemik tetap rendah dan baik untuk mengontrol gula darah.

Ubi jalar

Ubi jalar bisa menjadi pengganti kentang karena memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Saat direbus selama 30 menit, ubi jalar memiliki kadar indeks glikemik 46.

Kacang polong

Kacang polong merupakan makanan pokok murah yang memiliki kadar indeks glikemik 39. Selain baik untuk mengontrol gula darah, kacang polong juga memberikan tambahan asupan kalium, zat besi, dan serat.

Nah, itulah beberapa sayuran sehat yang aman dikonsumsi para penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Semoha bermanfaat!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli