Waspadalah, Ini Gejala dan Faktor Risiko Diabetes Tipe 2

okezone | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 08:59
Waspadalah, Ini Gejala dan Faktor Risiko Diabetes Tipe 2

DIABETES tipe 2 adalah salah satu penyakit seumur hidup (permanen) yang membuat tubuh seseorang tidak bisa menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Orang yang mengidap diabetes tipe 2 dikatakan memiliki resistensi insulin.

Orang dewasa atau yang berusia lebih tua berisiko besar terkena diabetes jenis ini. Meski demikian, perlu diketahui bahwa diabetes tipe 2 juga bisa memengaruhi anak-anak dan remaja, terutama karena obesitas pada masa kanak-kanak.

diabetes

Merangkum dari WebMd, Senin (13/9/2021), berikut gejala-gejala seseorang mengalami diabetes tipe 2, yuk disimak.

1. Sering sangat haus

2. Sering buang air kecil

3. Penglihatan kabur

4. Menjadi rewel atau gelisah

5. Kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki

6. Kelelahan/merasa lelah

7. Luka yang tak kunjung sembuh

8. Infeksi yang terus datang dan kembali

9. Merasa lapar

10. Berat badan turun

11. Mendapatkan lebih banyak infeksi

Penyebab Diabetes Tipe 2 adalah ketidakmampuan sel-sel tubuh untuk menggunakan insulin. Pankreas seseorang untuk membuat hormon yang disebut insulin. Insulin ini membantu sel-sel tubuh seseorang mengubah glukosa, sejenis gula, dari makanan yang menjadi energi.

Penderita diabetes tipe 2 masih mampu membuat insulin, tetapi sel mereka tidak menggunakannya sebagaimana mestinya. Pada awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel tubuh. Namun hal tersebut gagal dilakukan dan membuat glukosa menumpuk di dalam darah.

Faktor risiko diabetes tipe 2 meliputi:

1. Faktor genetika

Para ilmuwan telah menemukan potongan DNA yang berbeda yang memengaruhi bagaimana tubuh seseorang membuat insulin.

2. Berat badan berlebih

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin, terutama jika seseorang memiliki berat badan ekstra bagian tengah tubuh (buncit).

3. Sindrom metabolik

Orang dengan resistensi insulin sering memiliki sederetan penyakit seperti gula darah tinggi, lemak ekstra di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi serta trigliserida.

4. Terlalu banyak glukosa dari hati

Ketika gula darah seseorang rendah, hati akan membuat dan mengirimkan glukosa. Setelah makan, gula darah naik, dan hati biasanya akan melambat dan menyimpan glukosanya. Tapi hati penderita diabetes tidak mampu bekerja seperti ini. Mereka akan terus mengeluarkan gula.

5. Komunikasi yang buruk antar sel

Terkadang, sel mengirim sinyal yang salah atau tidak menerima pesan dengan benar. Ketika masalah ini terjadi, maka akan memengaruhi bagaimana sel membuat dan menggunakan insulin atau glukosa. Reaksi berantai dapat menyebabkan diabetes.

6. Kerusakan sel beta

Jika sel-sel yang membuat insulin mengirimkan jumlah insulin yang salah pada waktu yang salah, maka gula darah seseorang akan meningkat. Gula darah tinggi juga dapat merusak sel-sel ini.

Artikel Asli