Kelebihan Teknologi Laser untuk Perawatan Kulit daripada Pisau Bedah

okezone | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 08:54
Kelebihan Teknologi Laser untuk Perawatan Kulit daripada Pisau Bedah

DALAM dunia kesehatan dan kecantikan, laser telah digunakan sebagai metode untuk menangani banyak masalah kesehatan dan kecantikan. Penggunaan laser sebagai tindakan non operatif juga dirasa tak menakutkan bagi pasien perawatan kulit.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Premier Bintaro, dr Amaranila Lalita Drijono, MD (Derms), FINS-DV, FAA-DV selaku Chairman of Indonesian Society of Laser Dermatology mengatakan, merawat kesehatan kulit secara paripurna bisa dicapai dengan memanfaatkan teknologi laser.

teknologi laser

"Apalagi teknologi laser cukup aman, efektif serta memiliki masa pemulihan yang lebih cepat. Tentu hal ini dapat dicapai melalui teknologi laser yang mumpuni berbasis bukti ilmiah yang kuat dan dilakukan oleh dokter ahli yang kompeten di bidang laser," kata Dokter Amaranila.

Tindakan laser, terang Dokter Amaranila, selama ini juga lebih banyak dipilih sebagai aplikasi dalam tindak pengobatan, seperti untuk tissue heating dan tissue welding yang biasa digunakan untuk peremajaan kulit, koagulasi, vaporisasi, menghilangkan pigmen tattoo, photoacoustic. Juga serta photodissociation untuk non thermal ablation pada langkah bedah kornea mata.

Tindakan laser pada bidang dermatologi, sering digunakan untuk menghilangkan birth mark atau tanda lahir pada bayi, atau orang dewasa. Kelebihan pemakaian teknologi laser ini menggantikan teknik mutilasi dengan pisau bedah yang berpotensi meninggalkan bekas luka."

Teknologi laser ini, lanjutnya, memungkinkan pasien bisa menghilangkan jerawat menahun tanpa harus menggunakan antibiotik dalam jangka panjang. Namun ia menekankan bahwa teknologi laser juga bukanlah magic yang bisa menangani semua keluhan dengan singkat. Tetap dibutuhkan dukungan major diagnostic sebelum tindakan dilakukan.

Dokter Martha M.L. Siahaan, MARS MHKes selaku CEO RS Premier Bintaro menjelaskan, tindakan laser tidak terbatas hanya pada pelayanan kesehatan kulit. Banyak sekali indikasi dari laser multiplatform yang saat ini dikembangkan bukan hanya untuk kasus-kasus dermatologis. Namun juga untuk kasus kesehatan lainnya.

"Laser juga dipakai di bidang Ilmu Kandungan dan Kebidanan, THT, perawatan luka bahkan juga untuk masalah pembuluh darah seperti varises dan lain sebagainya," ujar Dokter Martha belum lama ini.

Artikel Asli