Orang Tua Wajib Tahu, Ini Gejala Covid Varian Delta pada Anak

limapagi.id | Gaya Hidup | Published at 13/09/2021 08:25
Orang Tua Wajib Tahu, Ini Gejala Covid Varian Delta pada Anak

LIMAPAGI - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut varian Delta dua kali lebih menular daripada varian sebelumnya.

Ada data yang menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah pada orang yang belum divaksinasi, khususnya anak-anak. Karena sebagian besar anak tak divaksin menempatkan mereka dalam kategori risiko lebih tinggi.

Yale Medicine melaporkan bahwa batuk dan kehilangan penciuman bisa dialami seseorang yang terinfeksi varian Delta. Sementara sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, dan demam adalah beberapa gejala utama.

Agak terlalu dini untuk melihat studi berkualitas tinggi dalam literatur pediatrik yang mencerminkan peningkatan varian Delta saat ini, kata Dr. Michael Grosso , kepala petugas medis dan ketua pediatri di Rumah Sakit Huntington Kesehatan Northwell, seperti dirangkum Limapagi dari laman Health.

Lantas apakah sama gejala pada orang dewasa dan anak terkait varian Delta?

"Gejala yang paling umum pada anak-anak dan remaja tampaknya demam dan batuk, gastrointestinal, dan ruam terjadi namun lebih jarang," tambah Grosso.

Sebelumnya, sebagian besar anak yang terinfeksi varian Delta tidak memiliki gejala. Namun, nampaknya varian Delta mungkin menciptakan lebih banyak gejala pada lebih banyak anak.

Apa pun (variannya), orang tua perlu tetap waspada terhadap penyakit lain yang disebabkan oleh Covid-19 pada anak muda, kata Grosso.

Lebih lanjut, ia mengatakan ketika anak memiliki gejala saluran pernapasan bisa melakukan tes Covid-19 pada anak.

"Tes anak kamu jika mereka memiliki gejala saluran pernapasan atas," ujarnya.

Anak-anak dengan salah satu gejala yang disebutkan di atas perlu diuji dan dilihat oleh dokter anak. Terutama sebelum anak-anak kembali ke sekolah dan saat mereka pulang dari perkemahan.

"Jika mereka dites positif tetapi cukup sehat untuk tidak perlu dirawat di rumah sakit, orang tua harus memantau masalah pernapasan, asupan cairan, dan, mungkin yang paling penting, penampilan umum," pungkasnya.

Artikel Asli