Waspada! Gatal di Area Keintiman Bisa Jadi Tanda Gejala Diabetes, Begini Kata Ahli..

herstory | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 13:00
Waspada! Gatal di Area Keintiman Bisa Jadi Tanda Gejala Diabetes, Begini Kata Ahli..

Area keintiman kerap terasa gatal diduga adanya jamur atau infeksi yang disebabkan karena terlalu lembap. Tapi, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari diabetes.

Sebagaimana dilansir dari laman sindikasi Himedik.com (9/9),Seseorang bisa berisiko menderitadiabetesbila memiliki kadar gula darah tinggi, kelebihan berat badan dan faktor keturunan. Masalah kesehatan ini tak bisa diabaikan karena akan memicu kondisi kronis lain.

Salah satu jenis diabetes adalahdiabetes tipe 2yang disebabkan oleh tubuh tak memproduksi cukup hormon insulin atau tubuh tak bereaksi terhadap insulin.

Tanpa cukup hormon, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan. Satu tanda gula darah tinggi adalahgatalpadaalat kelaminyang tak bisa dijelaskan.

Rasa gatal terus-menerus di sekitar selangkangan merupakan gejala utama diabetes. Jika Beauty memiliki gula darah tinggi, kondisi ini membuat lingkungan lebih ideal sebagai tempat pertumbuhan jamur.

Hal ini bisa menyebabkan infeksi jamur, baik pada wanita maupun pria yang menyebabkan rasa gatal. Beauty mungkin menemukan bahwa alat kelamin Beauty akan terasa sakit seperti terbakar dan merah ketika memiliki diabetes.

"Gatal pada kelamin wanita maupun pria adalah masalah iritasi yang bisa disebabkan oleh alergi dan iritasi kulit atau gangguan dan penyakit lebih serius seperti diabetes," jelas Diabetes.co.uk dikutip dari Express .

Dalam kasus alat kelamin gatal akibat iritasi atau alergi, menghindari paparan iritan atau alergen mungkin diperlukan untuk mengatasi gatal.

Diabetes juga bisa menyebabkan kandungan glukosa yang lebih tinggi dalam urine, tempat lain yang cocok untuk membuat jamur berkembang.

Tapi, Beauty juga belum tentu menderita diabetes bila mengalami gatal pada alat kelamin. Reaksi alergi, infeksi bakteri, eksim dan menopause juga bisa memicu rasa gatal.

Karena itu, Beauty harus konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab alat kelamin gatal dan tak kunjung hilang. Sebelum, kondisi ini memicu komplikasi medis lainnya.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli