Penyebab dan Gejala Kanker Limfoma Seperti yang Diderita Ari Lasso

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 12:53
Penyebab dan Gejala Kanker Limfoma Seperti yang Diderita Ari Lasso

Bisnis.com , SOLO - Belum lama ini penyanyi Ari Lasso mengakui jika dirinya mengidap kanker langka.

"Gue kena kanker yang sangat langka. Ini kasus 2 dari 4.500 limfoma, jadi akan dibikin jurnal kayaknya," ucapnya dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier, dikutip pada Kamis (9/9/2021).

Pemilik nama asli Ari Bernardus Lasso itu pun mengatakan bahwa kanker yang dideritanya bernama Diffuse Large B-cell Lymphoma (DLBCL).

Nah, lalu apakah Kanker DLBCL ini?

Dilansir dari lama WebMD, Diffuse Large B-cell Lymphoma adalah kanker yang awalnya menyerang salah satu jenis sel darah putih, yakni limfosit.

Oleh sebab itu, ia biasa tumbuh di kelenjar getah bening, selangkangan, ketiak, maupun di tempat lain yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Memang, DLBCL ini dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat. Namun begitu, penyakit ini bisa disembuhkan.

Sementara itu, ada dua jenis limfoma dalam dunia medis yakni Hodgkin dan non-Hodgkin . Pada kasus ini, DLBCL termasuk ke dalam limfoma non-hodgkin yang paling umum.

Adapun penyebabnya sendiri, hingga saat ini tidak ada dokter yang mengetahuinya secara pasti. Akan tetapi, penyakit ini cenderung dialami oleh mereka yang berusia setengah baya, laki-laki, bukan orang Asia atau Afrika-Amerika.

Lebih jauh, kemungkinan terkena DLBCL juga dapat meningkat jika seseorang memiliki penyakit autoimun.

Gejala

Lalu, untuk gejala sendiri, awalnya sering terdapat benjolan di area selangkangan, ketiak, atau leher.

Selain itu, penderita biasanya juga mengalami demam, keringat berlebih di malam hari, penurunan berat badan, ada rasa nyeri atau tertekan di perut atau dada, sesak nafas atau batuk, dan gatal.

Pengobatan

Selanjutnya, untuk jenis pengobatan yang dijalani akan dipertimbangkan dengan faktor usia, kondisi kesehatan umum, stadium dan subtipe kanker, serta tempat penyebarannya.

Nantinya, dokter akan menggunakan angka yang disebut skor IPI yang memperhitungkan ini untuk memutuskan seberapa serius kanker Anda. Semakin serius kanker yang diderita, maka semakin banyak siklus perawatan yang diperlukan.

Cara menghindari kanker

Sementara itu, agar terhindar dari kanker, perbanyaklah makan-makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan jauhi stres.

Selain itu, hindari pula makanan yang mengandung karsogenik, seperti makanan yang dibakar, berpengawet, dan olahan.

Pasalnya, sel kanker dapat berkembang karena banyak berhubungan dengan radiasi dan zat kimia, serta lebih mudah menyerang orang dengan daya tahan tubuh yang rendah dan stres.

Artikel Asli