6 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

limapagi.id | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 13:35
6 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

LIMAPAGI - Berbagai buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk buah jeruk. Siapa yang tak suka dengan buah yang identik dengan warna oranye tersebut?

Tentunya sebagian besar masyarakat suka dengan buah ini. Di balik rasanya yang menyegarkan, buah jeruk memiliki segudang manfaat untuk kesehatan loh.

Lantas apa saja manfaatnya? Yuk, simak di bawah ini seperti dirangkum Limapagi dari laman TimesofIndia.

Tinggi Vitamin C

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Satu jeruk menawarkan 116,2 persen dari nilai harian vitamin C. Asupan vitamin C yang baik dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar karena membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan.

Sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang juga penting untuk fungsi yang tepat dari sistem kekebalan tubuh yang sehat, baik untuk mencegah pilek dan mencegah infeksi telinga berulang.

Mencegah kerusakan kulit

Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang diketahui menyebabkan tanda-tanda penuaan. Konsumsi jeruk di setiap harinya dapat membantu kamu terlihat muda bahkan di usia 50 tahun.

Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Bagi kamu yang mengalami tekanan darah tinggi bisa mengonsumsi buah jeruk dengan rutin. Sebab, buah ini sangat bermanfaat dengan kandungan yang luar biasa.

Jeruk yang kaya akan Vitamin B6 membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali karena adanya magnesium.

Kesehatan mata

Jeruk merupakan sumber yang kaya akan karotenoid. Vitamin A yang ada di dalamnya memainkan peran penting dalam menjaga selaput lendir di mata tetap sehat.

Vitamin A juga bertanggung jawab untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, yang dalam kasus ekstrem dapat menyebabkan kebutaan.

Perlindungan terhadap sembelit

Jeruk memiliki serat larut dan tidak larut. Ini membantu menjaga usus dan fungsi perut Anda tetap lancar, mencegah sindrom iritasi usus besar. Selain itu, serat membantu mengobati sembelit ke tingkat yang lebih besar.

Artikel Asli