Luar Biasa! Ini Khasiat Mujarab Daun Sage, Bisa Rontokkan Diabetes dan Kolesterol

herstory | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 12:00
Luar Biasa! Ini Khasiat Mujarab Daun Sage, Bisa Rontokkan Diabetes dan Kolesterol

Daun sage mungkin belum banyak dikenal oleh publik. Padahal daun sage merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan lho.

Daun sage yang memiliki nama ilmiah Salvia officinalis ini biasanya menjadi bumbu pelengkap dalam makanan. Selain itu, saun sage juga memperkaya kandungan dalam skincare karena diketahui bisa mengatasi peradangan.

Ternyata selain itu, daun sage juga bermanfaat untuk dua kodisi kesehatan yang serius lho. Kondisi kesehatan yang dimaksud adalah diabetes tipe 2 dan kolesterol.

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan gaya hidup yang 'asal-asalan' banyak orang mengidap dua kondisi ini. Pasalnya asupan makanan diketahui berperan besar dalam meningkatkan risiko diabetes dan juga kolesterol.

Dilansir dari laman sindikasi suara.com (9/9/2021) berikut penjelasan manfaat daun sage untuk mengatasi diabetes tipe 2 dan kolesterol:

Diabetes Tipe 2

Daun sage sudah lama digunakan sebagai obat diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa daun sage bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Sebuah studi menyelidiki hubungan antara ramuan dan diabetes yang menemukan bahwa ekstrak sage bisa mengurangi kadar glukosa darah pada tikus dengan mengaktifkan reseptor tertentu.

Studi lebih lanjut yang dilakukan pada manusia juga telah mengkonfirmasi hasil serupa. Sebuah uji klinik pada 80 orang dengan diabetes tipe 2 yang tak terkontrol menemukan bahwa kadar gula darah pada orang yang diberi sage akan menurun secara signifikan setelah 2 jam puasa.

Setelah reseptor diaktifkan, peneliti mengamati reseptor membersihkan kelebihan asam lemak bebas dalam darah yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa ramuan itu bekerja dengan cara yang mirip dengan obat metformin, yakni obat untuk mengelola glukosa darah.

Pada manusia, ramuan tersebut memiliki efek yang mirip dengan rosiglitazone, obat anti-diabetes lain yang menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi ramua sage bisa membantu mengurangi glukosa penderita diabetes setelah 2 jam berpuasa.

Kolesterol Tinggi

Selain diabetes, ramuan sage juga bisa mengatasi kolesterol tinggi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa diabetes dikaitkan dengan sintesis kolesterol dan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Penelitian mengatakan kedua kondisi itu bisa bekerja satu sama lain, sehingga menekan kadar glukosa darah dan kolesterol harus dipantau bersamaan.

Kolesterol tinggi dapat menempatkan individu pada risiko penyakit jantung. Tapi, kondisi ini cukup sulit didiagnosis. Sedangkan, sebagian besar obat untuk menurunkan kolesterol memiliki efek samping yang merugikan.

Hal inilah yang mendorong para peneliti mencuri alternatif lain, yakni daun sage. Studi telah menemukan bahwa konsumsi ramuan sage tiga kali sehari selama dua atau tiga bulan mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli