Haornas 2021, Ini 5 Manfaat Olahraga yang Belum Diketahui Banyak Orang

okezone | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 11:34
Haornas 2021, Ini 5 Manfaat Olahraga yang Belum Diketahui Banyak Orang

HARI ini merupakan peringatan Hari Olahraga Nasional 2021. Haornas diperingati setiap tanggal 9 September. Ini menjadi sangat penting karena selama masa pandemi covid-19, menjaga kesehatan melalui olahraga bisa menjadi solusi.

Olahraga sendiri memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Menurut Robert Gotlin DO, spesialis kedokteran olahraga di Lenox Hill Hospital dan Mount Sinai Hospital di New York, Amerika Serikat, manfaat olahraga untuk tingkat energi ada dua yakni meningkatkan kebugaran tubuh dan suasana hati Anda. Keduanya berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Dikutip dari laman Everyday Health , Kamis (9/9/2021), berikut ini lima manfaat olahraga yang belum diketahui banyak orang.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini memungkinkan tubuh memiliki daya tahan yang lebih baik sepanjang hari. Saat lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh akan memiliki energi yang tersisa dan tidak merasa terlalu lelah ketika pekerjaan selesai.

Untuk kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan, American Heart Association merekomendasikan setidaknya 30 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setidaknya 5 hari seminggu. Sedangkan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, lakukan aktivitas aerobik intensitas sedang hingga kuat selama 40 menit sebanyak 3 hingga 4 kali seminggu.

Olahraga. (Deden Darmansyah/Okezone)

2. Meningkatkan suasana hati

Endorfin adalah hormon alami tubuh lepaskan saat melakukan sesuatu yang membutuhkan ledakan energi. Hormon itulah yang membuat tubuh bergerak, berkeringat, dan bersemangat; sehingga muncul suasana hati bahagia.

"Ketika olahraga, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat membuat perasaan lebih bahagia," kata dr Gotlin.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur pada malam hari sehingga tubuh akan merasa lebih segar di siang hari. Sebuah studi yang diterbitkan pada April 2015 di Journal of Sleep Research mengamati orang-orang dengan insomnia yang melakukan minimal 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang yang tersebar selama seminggu.

Para peneliti menemukan bahwa jumlah aktivitas fisik ini dikaitkan tidak hanya dengan penurunan yang signifikan dalam tingkat keparahan gejala insomnia, tetapi juga peningkatan suasana hati.

Artikel Asli