Beli Barang Branded Preloved, Kenali Beberapa Istilah untuk Mendeskripsikan Kondisinya

tabloidbintang | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 11:00
Beli Barang Branded Preloved, Kenali Beberapa Istilah untuk Mendeskripsikan Kondisinya

Barang branded bekas yang dikenal dengan istilah preloved ternyata memiliki pasar yang cukup luas. Istilah preloved dipakai untuk menyebut barang yang pernah digunakan atau dimiliki orang lain sebelumnya, atau tangan kedua. Istilah ini biasanya hanya dipakai untuk barang branded yang berharga mahal, seperti tas merek terkenal yang harga barunya puluhan atau bahkan ratusan juta. Barang-barang preloved rata-rata masih dalam kondisi bagus saat dijual, bukan yang sudah rusak dan tak bisa lagi dipakai.

Dulu ada gerai yang khusus menjual barang branded bekas. Sekarang ada banyak online shop yang khusus menjual barang jenis ini. Anda yang ingin memiliki tas bermerek tapi merasa terlalu mahal beli baru, barang preloved bisa jadi pilihan. Tapi sebelum membeli barang preloved secara online, Anda perlu mengenali dulu istilah yang sering dipakai untuk mendeskrisipkan kondisi barang preloved. Penjual online terpercaya akan menjelaskan kondisi barang dengan detil. Dengan begitu Anda sudah bisa membayangkan kondisi tas branded bekas yang akan Anda beli. Berikut beberapa istilah untuk mendeskripsikan barang preloved.

1. Baru 10/10: Barang belum pernah dipakai dan masih bagus seperti baru. Meski pernah dimiliki orang lain, barang masih belum pernah dipakai sama sekali. Baru tapi bekas milik orang lain, bekas tapi belum pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya.

2. Pristine (biasanya diikuti angka untuk menjelaskan kondisi): Barang telah dipakai sekali atau dua kali tetapi masih dalam kondisi sangat baik. Memiliki tanda-tanda keausan minimal dengan goresan atau tanda yang sangat minim pada permukaan dan perangkat keras

3. Baik 7/10: Barang sudah dipakai tapi masih terlihat bagus.

4. Vintage: Kondisi relatif terhadap usia, karena ketidaksempurnaanlah yang membuat karya vintage memiliki karakter khusus.

5. Nusedh: tidak ada tanda-tanda bekas pemakaian. Meski bekas tak akan ada yang tahu kalau tas baru Anda bekas milik orang lain.

6. Like new: Masih terlihat seperti baru dan minim bekas pemakaian.

7. Mints: Menunjukkan tanda-tanda keausan yang lembut dengan beberapa goresan atau tanda pada permukaan dan perangkat keras.

Beberapa ecommerce mungkin menggunakan istilah berbeda, tapi mereka selalu mencantumkan detil kondisi barang preloved yang dijual. Sebelum memutuskan membeli Anda harus membaca dulu kondisi barang. Pastikan juga Anda membelinya di tokoh online terpercaya. Jangan sampai Anda kecewa setelah barang datang ke rumah Anda.

Artikel Asli