Awas Komplikasi Gangguan Ginjal Pada Pasien Pasca Covid-19

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 10:41
Awas Komplikasi Gangguan Ginjal Pada Pasien Pasca Covid-19

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak alasan mengapa para ahli sangat memberi perhatian lebih pada Covid-19 saat ini. Virus Corona yang masuk ke dalam sel di tubuh akan menyebabkan banyak komplikasi termasuk pada ginjal.

Beberapa komplikasi pasien pasca Covid-19 yaitu rambut rontok, cepat lelah, sesak napas, masalah jantung, hingga gangguan pada ginjal.

Studi terbaru menunjukkan pasien yang sedang dalam tahap pemulihan, risiko gangguan ginjalnya meningkat, bahkan dapat mencapai stadium akhir. Semua pasien mulai dari yang bergejala ringan, sedang, hingga berat memiliki kemungkinan ini.

Melansir dari Pinkvilla , Kamis (9/9/2021) Konsultan senior Departemen Nefrologi di Rumah Sakit Sharda India, dr. Punit Gupta mengatakan bahwa benar pasien Covid-19 yang telah pulih memiliki peningkatan risiko penyakit ginjal dibandingkan dengan yang bukan pasien Covid-19.

Namun, kebanyakan kasus ini terjadi pada pasien dengan gejala yang parah dan memerlukan perawatan di rumah sakit. Komplikasi yang terjadi pada pasien biasanya yaitu tingginya kadar protein dalam urin atau gagal ginjal akut, ujar Gupta.

Gejala gangguan ginjal yang perlu diperhatikan yaitu infeksi urin, demam, dan sakit perut. Sementara itu, dr. Gupta menyarankan untuk melakukan skrining riwayat pasien untuk mengetahui gangguan ginjal disebabkan Covid-19 atau bukan.

Tanda awal dari infeksi ginjal akut dapat terlihat dari pengeluaran urin yang sangat sedikit, kaki bengkak, sulit bernafas, mengantuk, bahkan kejang-kejang.

Apabila pasien Covid menderita penyakit lain seperti DBD dan malaria, kemungkinan gangguan ginjal akan semakin meningkat. Komplikasi ini dapat disembuhkan dengan perawatan super intensif.

Gupta menyarankan kepada semua pasien pasca Covid-19 baik ringan, sedang, dan berat untuk menghindari konsumsi alkohol dan merokok. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak radikal bebas. Ia juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan yang tidak diresepkan dokter. Bagi penderita diabetes dan hipertensi, cukup jaga agar tetap terkendali.

Lama perawatan akan berbeda bagi setiap pasien tergantung dengan kondisinya. Bagi pasien yang sudah memiliki riwayat infeksi saluran kemih harus ekstra hati-hati. Bagi pasien yang tidak menderita penyakit tersebut, jangan pernah menahan pipis karena dapat meningkatkan potensi infeksi saluran kemih bahkan gagal ginjal.

Jadi, bagi kamu yang sudah sembuh dari Corona, tetap perhatikan asupan makanan dan gaya hidup untuk mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi ya!

Artikel Asli