Nah Lho! 5 Jenis Bau Keringat Ini Bisa Jadi Tanda Sakit Ginjal Hingga Diabetes, Cek Sekarang Beauty!

herstory | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 09:55
Nah Lho! 5 Jenis Bau Keringat Ini Bisa Jadi Tanda Sakit Ginjal Hingga Diabetes, Cek Sekarang Beauty!

Tubuh manusia memiliki 3 juta kelenjar keringat. Rata-rata, orang akan kehilangan 700 ml hingga 1,5 liter keringat per jam ketika berolahraga.

Saat tubuh berkeringat, sebenarnya keringat itu bertujuan untuk mendinginkan dan menjaga kelembapan kulit kita.

Tetapi, ada 3 jenis kelenjar keringat yang berbeda, yakni kelenjar ekrin, apokrin, dan apoekrin.

Lalu, hanya keringat dari kelenjar apoekrin saja yang ditemukan di payudara, wajah, kulit kepala, perineum, dan ketiak yang bisa berbau. Jika kamu berkeringat ketika olahraga, maka itu hal yang wajar.

Tapi, keringat yang mulai berbau itu bisa menjadi tandamasalah kesehatanyang harus diwaspadai.

Seperti dilaporkan Express , ada beberapabau keringatyang harus kamu waspadai, Beauty, apa saja?

1. Keringat yang berbau asam

Bau badan yang asam bisa disebabkan oleh lebih banyak keringat. Semakin banyak kamu berkeringat, maka semakin banyak keringat bercampur dengan bakteri yang hidup di kulit sehingga mengakibatkan bau asam.

Kondisi ini bisa jadi akibat dari hyperhidrosis yang menyebabkan keringat berlebih. Konsumsi makanan pedas, seperti bawang putih dan oregano bisa menyebabkan bau asam ini.

2.Keringat berbauseperti urine

Perlu dipahami bahwa amonia bisa membuat urine berbau khas. Kadar ammonia yang tinggi dalam keringat itulah bisa memberikan bau urine yang samar dan jelas tak menyenangkan.

Namun, keringat yang berbau seperti urine juga bisa menjadi gejala dari sesuatu yang lebih serius. Penyakit hati dan ginjal bisa menyebabkan kamu memiliki bau badan yang aneh dan tak menyenangkan.

Jika hati atau ginjal kamu tak berfungsi baik, racun yang biasanya disaring dari tubuh akan menumpuk. Hal ini bisa menyebabkan keringatmu berbau seperti emonia atau urine.

3. Keringat berbau seperti adonan roti

Bahan utama untuk membuat aroma roti lezat adalah ragi, yang jelas akan kurang nyaman bila tubuh berbau seperti adonan roti tersebut.

Infeksi genital, seperti infeksi jamur pada vagina atau infeksi jamur pada ketiak bisa membuat keringat berbau seperti adonan roti.

4. Keringat berbau seperti cuka

Keringat yang berbau seperti cuka bisa berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan. Jika kamu menderita penyakit ginjal, ginjalmu mungkin tak bisa memecah bahan kimia yang disebut urea.

Kemudian, tubuh akan mengeluarkan urea melalui urine dan keringat sehingga menyebabkan munculnya bau cuka. Selain itu, diabetes juga bisa menyebabkan keringat berbau lebih tajam dan lebih asam dari biasanya.

5. Keringat berbau manis

Jika napas atau keringat kamu berbau sangat manis, hal ini mungkin disebabkan oleh jumlah keton yang lebih tinggi dalam aliran darahmu, Beauty.

Kamu mungkin berpikir keringat yang berbau manis lebih baik, padahal itu bisa menjadi tanda diabetes yang tik terkontrol.

Nah, jika tiba-tiba kamu mencium bau manis atau buah tanpa penyebab yang jelas, coba deh tes kesehatan atau konsultasi dengan dokter, ya Beauty!

Semoga informasinya bermanfaat!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli