6 Kesalahan Fatal saat Menggosok Gigi dan Gusi

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 05:35
6 Kesalahan Fatal saat Menggosok Gigi dan Gusi

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan mulut membutuhkan banyak perhatian. Banyak orang yang berinvestasi untuk menjaga kebersihan, kesehatan mulut dan gigi.

Faktanya, sebagian besar masyarakat pasti akan lebih memilih untuk menggunakan iklan pasta gigi yang ada di televisi dengan promosi untuk memperkuat mahkota gigi dan akar gigi. Apakah hal tersebut benar?

Mengutip dari Pink Villa, Kamis (9/9/2021), ada banyak iklan pasta gigi populer menarik perhatian masyarakat. Namun, ada 6 kesalahan yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi:

1. Obat kumur

Menyikat gigi dua kali sehari sepertinya sudah lebih dari cukup bagi sebagian masyarakat. Namun, tidak. Obat kumur sangat penting, sebab tidak hanya memberikan napas yang jernih dan segar, tetapi juga membunuh bakteri yang tersisa di mulut Anda.

2. Kunjungan Dokter Gigi

Mengunjungi dokter gigi seringkali tampak seperti hal yang tidak terlalu penting, namun sama pentingnya dengan pemeriksaan tubuh rutin Anda. Kunjungan rutin ke dokter gigi, tidak hanya membantu Anda mempertahankan gigi yang kuat dan berkilau, tetapi juga menghilangkan risiko Anda terkena infeksi.

3. Mengabaikan gusi berdarah

Noda merah pada sikat gigi, sering menarik perhatian, tetapi jarang kita benar-benar melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Ini bisa menjadi tanda gusi berdarah dan bisa menandakan banyak masalah, termasuk radang gusi dan radang gusi.

Oleh karena itu, penting untuk menganggapnya serius dan berkonsultasi dengan dokter sedini mungkin. Namun, bukan berarti seseorang harus segera ke dokter gigi setiap kali melihat bercak darah, terkadang bisa juga karena luka dan lecet. Jadi, pastikan untuk menganalisis alasan di balik darah terlebih dahulu.

 

cara menyikat gigi yang  benar

 

4. Menggunakan terlalu banyak pasta gigi

Ukuran pasta gigi sebesar kacang polong adalah ukuran yang tepat untuk menyikat gigi. Lebih dari itu, maka sia-sia. Namun, iklan TV menyarankan untuk menggunakan sepanjang sikat gigi.

5. Menggunakan sikat yang sama selama lebih dari sebulan

Banyak dokter gigi menyarankan agar sikat gigi diganti setiap bulan, atau setidaknya setiap dua bulan. Sikat gigi Anda adalah hal yang paling intim dan penting untuk menjaganya tetap bersih dan higienis, jika tidak, Anda dapat mengembangkan infeksi mulut tertentu.

6. Menyikat gigi dengan kekuatan penuh

Bahkan sebuah batu kehilangan kilau dan teksturnya jika Anda menggosoknya dengan keras untuk waktu yang lama. Itu jugalah masalah yang akan muncul saat Anda menyikat gigi terlalu keras. Sapuan lembut selama sekitar dua menit dapat membantu Anda.

 

Artikel Asli