Ini Cara Cegah Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at 09/09/2021 02:10
Ini Cara Cegah Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Siapa yang sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur? Hal ini tentu menyebalkan, mengingat bangun tidur seharusnya dapat membuat kita merasa lebih segar untuk kembali beraktivitas.

Beberapa orang bahkan mengalami sakit kepala yang hebat dan disertai dengan disorientasi dan juga lemas. Hal ini biasanya terjadi akibat durasi tidur yang terlalu panjang, misalnya ketika seseorang melakukan tidur balas dendam di akhir pekan. Selain itu, pola tidur yang berantakan juga bisa menyebabkan masalah sakit kepala ketika bangun dari tidur.

Jika Anda tak ingin mengalami sakit kepala saat baru bangun dari tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yakni:

Perbanyak minum air putih

Air putih dapat menghidrasi tubuh dengan baik, sehingga menghindari Anda dari kemungkinan sakit kepala saat terbangun dari tidur. Namun penting untuk dicatat, sebaiknya Anda tidak meminum terlalu banyak air putih saat sudah menjelang waktu tidur, karena ini bisa membuat Anda bolak-balik ke toilet dan merusak kualitas tidur Anda.

Batasi konsumsi kafein

Jika Anda sering mengalami sakit kepala saat terbangun dari tidur, maka coba perhatikan lagi konsumsi kafein Anda.Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat mengakibatkan sakit kepala yang terjadi saat Anda terbangun dari tidur. Selain itu, konsumsi kafein berlebih juga bisa membuat Anda sulit tidur.

Cukup tidur

Jangan pernah sepelekan waktu tidur Anda. Tidur merupakan waktu yang sangat penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran usai beraktivitas seharian. Jika Anda kurang tidur, ini bisa menyebabkan sakit kepala saat Anda terbangun dari tidur, karena terjadi ketidakseimbangan Serotonin dan Neurotransmitter di dalam otak. Tidurlah selama 7-8 jam per hari seperti yang sudah direkomendasikan. Tidur yang terlalu lama juga dapat merusak pola tidur, sehingga membuat kita susah untuk kembali pada jam tidur yang normal.

Minum teh jahe

Teh jahe juga bisa menjadi alternatif lain selain air putih. Jahe dianggap dapat mengatasi sakit kepala akibat tidur terlalu lama, yakni dengan mengurangi pembengkakan pembuluh darah di area kepala.

(Foto: terrycralle.com)

Artikel Asli