Loading...
Loading…
5 Tips Atasi Anosmia Setelah Sembuh dari Covid

5 Tips Atasi Anosmia Setelah Sembuh dari Covid

Gaya Hidup | limapagi.id | Rabu, 08 September 2021 - 09:51

LIMAPAGI - Kehilangan kemampuan indra perasaan dan penciuman (anosmia) kerap dialami oleh banyak orang pasca sembuh dari Covid-19.

Kondisi ini jika terjadi terus menerus tentu akan menimbulkan ketidaknyamanannya yang akhirnya menurunkan nafsu makan. Ketika tak ada makanan masuk ke dalam tubuh tentu akan berdampak luas terhadap kesehatan.

Tetapi tenang, ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan anosmia yang dialami. Lantas apa saja? Berikut tipsnya. 1. Menghirup rempah aromatik

Menurut David Rosen, seorang otolaryngologist di Jefferson Health, menghirup rempah aromatik berupa minyak esensial atau yang memiliki aroma kuat dapat mengatasi anosmia setelah sembuh dari Covid-19.

Pelatihan penciuman sebenarnya menggunakan neuroplastisitas tubuh, yaitu kemampuan tubuh untuk membentuk jalur saraf baru. Metode ini membantu tubuh membuat jalur saraf baru dan membantu memulihkan indra penciuman, kata Dr. Rosen, saperti dirangkum Limapagi dari laman Healthnexus. 2. Konsumsi makanan favorit

Kamu juga bisa memilih untuk konsumsi makanan favorit sesuai dengan selera. Sebab, cara satu ini dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga :
dr Tirta Bagikan Tips Sembuhkan Anosmia pada Penderita Covid-19

Tak hanya itu saja, kamu juga akan lebih mudah mengingat berbagai rasa yang ada dalam makaman tersebut. Alhasil, perlahan akan menumbuhkan untuk memanifestasikan bayangan rasa. 3. Minum air yang cukup

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga agar kamu tak terhidrasi. Minum air juga memiliki banyak manfaat salah satunya menjadi cara untuk mengembalikan indra penciuman dan pengecap.

Sebab, mulut yang kering akan memperburuk kemampuan indra pengecap, serta mulut kamu akan terjaga kebersihannya.

Perbanyak minum air putih bisa menjadi salah satu cara termudah untuk menetralisir titik perasa pada lidah. 4. Maksimalkan fungsi indra lainnya

Kamu bisa mengalihkan fokus pada kemampuan indra yang lain hal tersebut guna memaksimalkan perhatian pada aroma, warna, bentuk hingga tekstur makanan yang kamu konsumsi.

Dengan begitu akan memancing lidah untuk kembali mengenali sensasi rasa yang pernah hilang. 5. Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan rasa yang kuat

Tak jauh berbeda dengan poin pertama. Ya, kamu juga dapat mengonsumsi makanan atau minuman favorit dengan rasa yang kuat.

Baca Juga :
Cara Menjaga Kesehatan agar Tak Terkena Long Covid-19

Sebab, ketika tak ada rasa yang dihasilkan kamu bisa menstimulasi fungsi lidah dengan makanan. Beberapa contoh seperti buah-buahan, kue tart, jeruk nipis, lemon, hingga bawang putih.

Jadi, banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan masalah diatas. Semoga bermanfaat!

Original Source

Topik Menarik

{
{
{