Loading...
Loading…
Cegah Kelangkaan, Donasi Alat Kesehatan Terus Mengalir untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19

Cegah Kelangkaan, Donasi Alat Kesehatan Terus Mengalir untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19

Gaya Hidup | okezone | Senin, 06 September 2021 - 13:01

KETERSEDIAAN alat kesehatan di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Asrama Haji, Jakarta dan RSDC di Serpong Utara, Tangerang kembali kembali disuplai. Tenaga medis dan pasien pun tak perlu khawatir dengan ketersediaan alkes untuk penanganan darurat ini.

Sebanyak 2.000 selang oksigen, 2.800 masker N95 dan 3.000 alat infus disuplai ke Rumah Sakit Darurat Asrama Haji untuk bantu para tenaga medis. Selain itu, di RSDC di Serpong Utara, Tangerang juga ditambah 14 tempat tidur pasien yang telah diterima Kementerian Kesehatan.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, donasi peralatan medis ini tentu sangat membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Meski sejak awal pandemi, bantuan alat kesehatan terus mengalir hingga kini.

Menkes Budi

Mewakili para tenaga medis, kami berterima kasih dan akan dimanfaatkan secara baik dan akan diberikan tepat pada sasarannya," ujar Menkes Budi lewat keterangan pers.

Ditambahkan Nini Sumohandoyo, perwakilan Prudential Indonesia, peralatan medis menjadi kebutuhan yang sangat penting. Terutama bagi rumah sakit dan pusat penanganan Covid-19 seperti di Asrama Haji.

"Kurangnya suplai peralatan medis ini, membuat tugas pemerintah dan tenaga medis tidak mudah. Maka dengan adanya penambahan alat kesehatan ini bisa membantu dan meringankan tugas tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19," ucap dia.

Sebagai informasi tambahan, Data WHO (World Health Organization) pada 2020 lalu memprediksi bahwa akan terjadi kelangkaan peralatan medis di dunia. Hal tersebut akan berdampak pada kebutuhan para tenaga medis dan pasien dalam menghadapi Covid-19.

Maka saat ini, WHO juga terus bekerja sama dengan pemerintah di berbagai negara untuk meningkatkan produksi peralatan medis tersebut.

Original Source

Topik Menarik