Loading...
Loading…
Terlambat Vaksinasi Anak saat Pandemi? Tenang Moms, Lakukan ‘Vaksinasi Kejar’ Aja, Ini Penjelasan Dokter

Terlambat Vaksinasi Anak saat Pandemi? Tenang Moms, Lakukan ‘Vaksinasi Kejar’ Aja, Ini Penjelasan Dokter

Gaya Hidup | herstory | Senin, 06 September 2021 - 11:00

Selama pandemi Covid-19 tak sedikit orang tua yang merasa khawatir membawa anak berobat ke dokter, terlebih untuk melakukan vaksinasi rutin. Dokter Spesialis Anak dari RS Metropolitan Medical Centre Hospital, dr. Reza Fahlevi, SP.A., pun menilai w ajar terhadap rasa kekhawatiran orang tua tersebut.

Namun ia mengingatkan, kekhawatiran untuk melakukan vaksinasi ini nyatanya dapat menyebabkan angka cakupan vaksinasi anak secara nasional menurun.

Dan, dampak menurunnya angka cakupan vaksinasi ini adalah rendahnya daya tahan tubuh anak terhadap penyakit-penyakit fatal yang dapat dicegah oleh vaksinasi yang disebabkan oleh bakteri/virus, serta dapat menurunkan herd immunity sehingga anak lain juga akan lebih rentan mengalami infeksi bakteri/virus tersebut.

Perlu diketahui bahwa selama pandemi Covid ini, cakupan vaksinasi atau imunasisasi anak juga menurun bisa sampai 60%. Nah ini juga berisiko juga munculnya penyakit-penyakit yang sebelumnya juga ada dan sangat jarang, atau sudah terindikasi dan sekarang sudah ada potensi untuk muncul kembali, papar dr. Reza, Minggu (5/9/2021).

Lantas, apa dong yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua?

Menurut dr. Reza, bagi orang tua yang sempat menunda vaksinasi atau immunisasi anak, maka sekaranglah saatnya untuk melengkapinya selengkap mungkin. Pasalnya, sebagian besar imunisasi ini masih bisa kita catch up atau kita kejar. Karena ada yang namanya Catch Up Vaccination atau vaksinasi kejar.

Vaksinasi kejar ini adalah vaksinasi yang diberikan pada anak yang sudah terlanjur terlambat vaksinasi. Sebagian besar jenis vaksinasi dapat dikejar, walaupun ada beberapa vaksinasi yang tidak dapat dikejar jika sudah terlambat seperti Rotavirus, tutur dr.Reza.

Lebih lanjut, dr. Reza mengingatkan bahwa Catch Up Vaccination ini memiliki ketentuan cara pemberian yang berbeda-beda, tergantung pada jenis vaksinnya dan usia anak sendiri.

Karenanya, sebaiknya orang tua membawa anak berkonsultasi dengan dokter untuk berdiskusi mengenai vaksinasi apa yang masih dapat diberikan dan bagaimana cara pemberiannya, imbuhnya.

dr. Reza pun mengatakan, orang tua kini tak perlu khawatir untuk membawa anak ke RS karena saat ini bisa kok melakukan vaksinasi dengan cara yang aman. Adapun tips vaksinasi aman selama pandemi dari dr. Reza, antara lain:

1. Lakukan booking jadwal dokter dan vaksin melalui telepon atau online

Orang tua bisa booking dulu ke RS, kemudian pastikan ke RS-nya perlu vaksin apa untuk anaknya.Pastikan juga jadwal perjanjian dengan dokter secara tepat, agar tidak perlu menunggu terlalu lama di RS, tuturnya.

2. Pilih rumah sakit yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik

Adapun, protokol kesehatan di RS tersebut meliputi pemeriksaan suhu sebelum masuk RS, tersedianya hand sanitizer sebelum masuk ke rumah sakit, ruang tunggu yang memadai dengan jarak kursi yang sudah diatur dengan baik untuk social distancing , serta sirkulasi udara ruangan yang baik. Dokter dan perawat juga menggunakan APD yang sesuai.

3. Siapkan perlengkapan perlindungan untuk orang tua dan anak

Sebelum berangkat, orang tua harus menyiapkan hand sanitizer , masker untuk anak (jika anak berusia lebih dari 2 tahun) atau face shield (jika anak kurang dari 2 tahun). Saat berada di rumah sakit, usahakan jaga jarak dengan pasien lain. Ingatkan anak agar sebisa mungkin jangan menyentuh benda-benda di rumah sakit, saran dr. Reza

4. Membersihkan diri setelah pulang

Setelah pulang vaksinasi, segera mandilah dan ganti baju untuk menghilangkan kontaminasi yang mungkin ada pada tubuh dan pakaian. Kemudian juga jangan lupa untuk selalu melakukan aktivitas fisik dan istirahat yang cukup, pesan dr. Reza.

Dan hal-hal lain yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan kuku, pakaian, makanan, sumber air, kebersihan rumah, sanitasi, pencahayaan, dan lingkungan rumah. Dan yang paling penting adalah menerapkan 6 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunna, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama, tuntas dr. Reza.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik