Tips Tetap Sehat Mental Saat Pandemi Menurut Psikolog

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:45
Tips Tetap Sehat Mental Saat Pandemi Menurut Psikolog

Bisnis.com , SOLO - Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Sayangnya, sebagian masyarakat justru kebingungan bagaimana cara menjaga pikiran agar tetap waras.

Untuk itu, Psikolog klinis dewasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Nirmala Ika, M.Psi. pun memberikan saran sederhana, yakni cukup dengan aktif bergerak.

"Tetap bergerak. Di rumah saja kadang [memang] membuat kita malas ngapa-ngapain. [Tapi] kalau memang tidak bisa keluar, kan kita bisa muter-muter di sekitar rumah. Ini bukan penjara," ucapnya, dikutip dari Antara pada Rabu (1/9/2021).

Menurut Ika, apabila memungkinkan, masyarakat bahkan boleh saja keluar di halaman rumah. Pada sore hari, misalnya.

Akan tetapi, pihaknya menekankan bahwa kegiatan tersebut harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, meliputi memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan selalu mencuci tangan sebelum kembali masuk rumah.

Di samping itu, cara ini juga dinilai sebagai upaya agar masyarakat tetap merasa terkoneksi dengan orang-orang di sekitarnya.

"Ketika kita keluar, minimal tahu ada kehidupan. [Tapi] tetap dipikirkan prokesnya, tetap bijak seberapa perlu keluarnya, urgensinya," ucap Nirmala.

Namun demikian, aktif bergerak itu sendiri tak harus selalu dilakukan di luar rumah. Setiap orang bisa melakukan aktivitas tersebut di dalam rumah. Misalnya saja, sambil membersihkan lantai dari debu atau bahkan menonton televisi sembari berolahraga, seperti push-up, saat jeda iklan.

Artikel Asli