Jauhi Kebiasaan Ini! Jika Tidak Ingin Kena Penyakit Ginjal di Usia Muda

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 15:26
Jauhi Kebiasaan Ini! Jika Tidak Ingin Kena Penyakit Ginjal di Usia Muda

Bisnis.com , JAKARTA - Penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja yang abai terhadap pola hidup sehat dan seimbang. Segera jauhi kebiasaan ini jika Anda tidak ingin ginjal rusak bahkan mengalai gagal ginjal di usia muda.

Ginjal merupakan sepasang organ yang terletak di punggung bawah. Organ vital ini ini berfungsi menyaring darah dan membuang racun dari tubuh.

Selanjutnya ginjal mengirim racun ke kandung kemih yang dikeluarkan oleh tubuh saat buang air kecil. Perlu diketaui, gagal ginjal bisa terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah.

Ternyata, ada kebiasaan buruk dan gaya hidup tak sehat dapat merusak ginjal. Bahkan ketika Anda masih berusia muda. Dilansir dari Boldsky, kebiasaan buruk tersebut mulai dari terbiasa konsumsi makanan olahan berlebihan, overdosis obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, aspirin, dan acetaminofen memang dapat meredakan sakit dan nyeri.

Obat-obatan tersebut memang dijual bebas, tetapi jika konsumsinya terlalu banyak dapat menghancurkan ginjal Anda.

"Ada Juga antibiotik tertentu seperti bacitracin, amfoterisin B, dan sefalosporin, juga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal," seperti dikutip dari Tempo.co, Senin (1/9/2021).

Kebiasaan buruk lain yang harus Anda jahi, antara lain kurang minum air putih, terlalu banyak konsumsi garam maupun gula, pola tidur yang tidak sehat, makan daging terlalu banyak, minum alkohol berlebihan, tidak mengobati infeksi, terakhir sering menahan buang air kecil.

Dikutip dari situs mayoclinic.org, gejala gangguan ginjal dapat dilihat dari kondisi penurunan volume urin, eskipun terkadang output urin tetap normal. Anda juga harus mewaspadai retensi cairan yang menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki atau kaki.

Gejala penyakit ginjal lainnya, yaitu mudah merasa kelelahan, sering mual, bingung, detak jantung tak beraturan, dada terasa nyeri dan tertekan, sesak napas, bahkan beberapa kondisi mengalami kejang.

Ingin ginjal tetap sehat? Jangan lupa untuk menjaga pola hidup dan asupan makanan yang sehat selagi muda, ya Sobat Bisnis!

Artikel Asli