Makna Lagu Wake Me Up When September Ends Milik Green Day

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:31
Makna Lagu Wake Me Up When September Ends Milik Green Day

Bisnis.com, JAKARTA - Masih ingat dengan grup band Green Day?

Salah satu lagunya adalah Wake Me Up When September Ends yang kini populer diputar kembali setiap bulan Septmber.

Wake Me Up When September Ends adalah salah satu lagu karya bandGreen Dayyang dirilis sebagai singel keempat dari album ketujuh mereka,American Idiot.

Lagu ini berhasil menduduki peringkat enam di Amerika Serikat, menjadi lagu kedua Green Day yang memasuki "Top 10 single". Lagu ini juga mencapai peringkat delapan di Kanada dan Inggris, sementara berada di peringkat tiga belas di Australia.

"Wake Me Up When September Ends" tercatat terjual hingga 1.652.000copypada Mei 2010 dan menjadi penjualan singel tertinggi kedua mereka di Amerika dari albumAmerican Idiot, tepat di belakang lagu singel multi-platinum "Boulevard of Broken.

Terdapat banyak perdebatan mengenai latar belakang lagu ini. Salah satu pendapat yang mengemuka pertama kali adalah bahwa lagu ini berkaitan dengantragedi 11 September. Teori ini diperkuat karena lagu ini merupakan lagu ke-11 dalam album "American Idiot".

Namun,Billie Joe Armstrongtelah mengklarifikasi bahwa lagu ini ditulis sebagai memorial untuk ayahnya yang meninggal karenakankerpada 10 September1982ketika Armstrong berusia 10 tahun.

Dalam sebuah penampilan, Green Day mempersembahkan lagu ini untuk musisiJohnny Ramoneyang meninggal pada September 2004, walapupun sebenarnya lagu ini bukan ditulis unttuknya.

Artikel Asli