20 Tahun Perang di Afghanistan, Amerika Serikat Menghabiskan 2 Triliun Dolar AS

Gaya Hidup | tabloidbintang | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:00
20 Tahun Perang di Afghanistan, Amerika Serikat Menghabiskan 2 Triliun Dolar AS

Selama 20 tahun keterlibatan Amerika Serikat dalam perang di Afghanistan, berapa biayayang sudah dihabiskan untuk itu? Presiden AS Joe Biden menyebut angka sekitar 2 Trilyun dolar AS. Jumah yang luar biasa besar. Perang memang mahal, hanya negara kaya yang mampu melakukan.

"Setelah menghabiskan lebih dari 2 triliun dolar US di Afghanistan biaya yang diperkirakan para peneliti di Brown University akan lebih dari 300 juta sehari selama 20 tahun di Afghanistan, selama dua dekade. Ya, rakyat Amerika harus mendengar ini: 300 juta dolar AS sehari selama dua dekade," kata Presiden AS Joe Biden seraya menegaskan dirinya menolak melanjutkan perang, yang dinilai tidak lagi melayani kepentingan nasional vital rakyatnya, seperti dikutip dari laman resmi Gedung Putih.

Joe Biden mengatakan, 800.000 orang Amerika yang dikirim ke Afghanistan sudah melakukan tugas dengan berani dan terhormat. Dari jumlah itu, 20.744 prajurit Amerika terluka, dan sebanyak 2.461 personel meninggal, termasuk 13 tentara yang tewas dalam ledakan bom di bandara Kabul, pekan lalu.

"Kita sudah terlalu lama menjadi bangsa yang berperang. Jika Anda berusia 20 tahun hari ini, Anda belum pernah mengenal Amerika yang damai," kata Joe Biden sambil mengenang mendiang putranya, Beau, yang pernah bertugas dalam perang di Irak selama setahun penuh.

Joe Biden menegaskan, ini saatnya menutup 20 tahun perang dan perselisihan dan rasa sakit dan pengorbanan, saatnya untuk melihat ke masa depan, bukan masa lalu. Ke masa depan yang lebih aman. Joe Biden meyakini keputusannya menarik pasukan AS dan mengakhiri keterlibatannya dalam perang di Afghanistan, adalahtepat.

"Dengan sepenuh hati, saya percaya ini adalah keputusan yang tepat, keputusan yang bijaksana, dan keputusan terbaik untuk Amerika," kata Joe Biden.

Artikel Asli