13 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 11:00
13 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Dhen San Chi atau daun binahong adalah obat tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Tanaman herbal ini berasal dari China. Menurut penelitian binahong bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti luka, diabetes, asam urat, dan lain sebagainya.

Pada laman klikdokter.com disebutkan bahwa daun herbal ini memiliki kandungan penting seperti beta karoten, vitamin E, flavonoid, riboflavin, asam folat, kalsium, zat besi, dan protein.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam daun binahong membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari laman alodokter.com, gooddoctor.com dan klikdokter.com , beberapa manfaat binahong untuk kesehatan antara lain:

1. Obat Maag

Manfaat pertama dari daun herbal ini yaitu menjadi obat maag alami. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun binahong pada tikus diketahui memberikan efek perlindungan pada lesi mukosa lambung.

Binahong juga diketahui bisa membersihkan radikan bebas yang cukup siginifikan sehingga melindungi mukosa. Meskipun demikian, dr. Dyah Novita Anggraini dalam klikdokter.com menuturkan bahwa manfaat binahong untuk pengobati maag masih terbatas pada penelitian di tikus.

2. Menyembuhkan Luka Bakar

Binahong juga memberikan manfaat dalam pengobatan luka bakar. Manfaat daun binahong untuk luka ini karena didalamnya ada kandungan aktif seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Senyawa saponon yang ada di daun Dhen San Chi inilah yang beperan sebagai antiseptik sehingga bisa mencegah adanya infeksi pada luka. Senyawa tersebut juga bisa mempercepat terbentuknya kolagen pada kulit.

Selain saponin, flavonoid juga turut mengambil peran dalam penyembuhan luka bakar. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi perdangan. Sedangkan tanin, bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit yang mengalami luka, menghentikan produksi nanah, serta mengehentikan pendarahan ringan. Dengan demikian, luka akan lebih cepat sembuh.

3. Mencegah Risiko Diabetes

Penyakit diabetes muncul jika kadar gula di dalam darah meningkat melebihi batas normal. Penyakit ini sangat berisiko sebab bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain. Untuk mencegah diabetes bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun binahong memiliki kemampaun untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Senyawa flavonoid, steroid, dan kumarin memiliki khasiat untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus. Selain itu, senyawa tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan fungsi insulin.

4. Mengobati Darah Tinggi dan Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Ekstrak daun binahong juga memberikan khasiat untuk menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urin. Kedua efek tersebut ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati darah tinggi. Selain itu, binahong juga memiliki kemampuan menurunkan kolesterol jahat penyebab jantung. Jika kolesterol jahat rendah maka risiko penyakit jantung juga rendah.

5. Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat ini diketahui setelah dilakukan beberapa penelitian dengan pemberian ekstrak daun binahong kepada penderita gagal ginjal. Daun binahong ini ternyata bermanfaat dalam meningkatkan fungsi ginjal terutama pada penderita gagal ginjal kronis.

6. Mengobati Gatal-gatal

Manfaat daun binahong untuk gatal karena daun ini memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang bersifat anti jamur. Jamur merupakan salah satu penyebab iritasi pada kulit. Dengan demikian, daun binahong bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal di kulit.

7. Obat Anemia

Anemia atau kekurangan darah terjadi jika produksi sel darah merah didalam tubuh sangat sedikit. Untuk meningkatkan sel darah merah dipacu dengan memperbanyak konsumsi zat besi. Daun binahong merupakan sumber zat besi alami yang bisa memicu produksi sel darah merah. Dengan demikian, binahong memiliki kemampuan untuk mengobati anemia.

8. Obat Asam Urat

Air rebusan daun binohong diketahui bisa menurunkan putin yang menyebabkan asam urat. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam binahong juga bisa menghambat pembentukan asam urat di dalam tubuh.

Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

Manfaat daun binahong juga bisa untuk kecantikan. Bagi anda yang ingin mendapatkan wajah cantik dan sehat secara alami, binahong bisa menjadi pilihan perawatan kulit alami. Melansir dari laman sehatq.com , beberapa manfaat binahong untuk kecantikan sebagai berikut:

1. Mengencangkan Kulit

Kulit kencang menjadi idaman bagia banyak orang terutama kaum hanya. Kulit yang mulai mengendur bisa menjadi salah satu tanda penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut, daun binahong bisa menjadi salah satu alternatif perawatan alami. Anda bisa menggunakan rebusan daun binahong kemudian meminumnya saat sudah dingin.

2. Mengatasi Komedo

Komedo juga merupakan masalah pada kulit yang cukup mengganggu. Jika dibiarkan, komedo bisa menyebabkan jerawat yang sakit. Untuk itu, salah satu cara untuk menghilangkan komedo yakni dengan menggunakan daun binahong. Manfaat daun binahong untuk wajah ini bisa anda dapatkan dengan cara merebus daun tersebut kemudian menggunakannya untuk cuci muka. Gunakan tiga kali dalam satu hari untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Dibandingkan dengan menggunakan krim pemutih, binahong diketahui lebih aman dan bisa membuat kulit cerah dan berseri. Caranya cukup mudah, anda bisa merebus daun ini kemudian minum air rebusannya.

4. Mengobati Jerawat

Masalah kulit lainnya yang sering muncul yaitu jerawat. Kehadiran jerawat tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang menarik, namun jerawat juga menyebabkan rasa sakit hingga peradangan di kulit wajah. Maka dari itu, jerawat harus diobati dengan cara yang tepat, salah satunya dengan menggunakan bahan alami daun binahong.

Anda bisa menumbuk daun herbal ini kemudian oleskan pada wajah seperti menggunakan masker kecantikan. Tunggu sampai kering atau sekitar 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menjadikan rebusan daun ini sebagai minuman herbal untuk mengatasi jerawat dari dalam.

5. Menghaluskan Kulit

Manfaat daun binahong untuk kecantikan selanjutnya yakni bisa menghaluskan kulit wajah. Anda bisa merebus daun binahong sebanyak 20 lembar. Air rebusan kemudian digunakan untuk cuci muka. Lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Efek Samping Daun Binahong

Meskipun tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat, namun jika mengkonsumsi berlebihan bisa menyebabkan efek samping yang menggangu kesehatan. Melansir dari hellosehat.com , beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi obat herbal binohong berlebihan antara lain:

  1. Sakit pada bagian perut
  2. Mual dan muntah
  3. Alergi
  4. Jantung berdebar lebih kencang
  5. Pusing dan kliyengan

Untuk menghindari efek samping tersebut, ada dua cara aman yang bisa anda lakukan, yaitu:

  1. Jangan kondumsi daun herbal ini jika anda memiliki riwayat alergi terhadap binahong.
  2. Jangan konsumsi daun binahong jika anda sedang hamil atau menyusui.
  3. Jangan berikan daun herbal ini kepada anak-anak dibawah umur.
  4. Periksa ke dokter apabila efek samping yang dirasakan tidak kunjung hilang.

Itulah beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan. Agar bisa mendapatkan manfaat secara optimal, pastikan konsumsi dalam jumlah yang wajah. Bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang menjalankan pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal ini.

Artikel Asli