Wamenkes Tak Bisa Pungkiri PTM Berpotensi Ciptakan Lonjakan Kasus Anak

Gaya Hidup | rmol.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 05:11
Wamenkes Tak Bisa Pungkiri PTM Berpotensi Ciptakan Lonjakan Kasus Anak

RMOL.Kasus positif Covid-19 pada anak-anak mengalami peningkatan dibanding yang terjadi pada orang dewasa, sebagaimana dicatat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Senin (30/8).

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono menerangkan, kasus konfirmasi positif Covid-19 pada anak naik sebesar 2 persen, yaitu dari 13 persen di Juli 2021 menjadi 15 persen.

"Persentase kasus konfirmasi pada anak dibandingkan dewasa naik 2 persen," kata Dante dalam Rakornas KPAI 'Persiapan PTM dan Program Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun Berbasis Sentra Sekolah', yang dikutip melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu pagi (1/9).

Tak menutup kemungkinan, lanjut Dante, peningkatan kasus anak akan terjadi ketika Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah yang sudah dimulai padaaal pekan kemarin tidak diatisipasi melalui displin protokol kesehatan, pengawasan ketat, dan penyediaan fasilitas yang mencegah terjadinya penularan.

Karena itu, Dante menyatakan bahwa anak-anak yang bersekolah secara tatap muka tak hanya berisiko terinfeksi Covid-19, melainkan juga berpotensi menjadi sumber penularan virus Corona bagi lingkungan keluarga.

"Anak-anak ini menyumbang sumber primer dan kasus klaster yang ada di keluarga. Ini penting nanti ketika melakukan pembukaan pembelajaran tatap muka di sekolah," katanya.

"Proses pembelajaran itu bisa mempunyai risiko jumlah kasus positif akan bisa meningkat dan menjadi klaster baru," demikian Dante. []

Artikel Asli