Tips Bersepeda untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 00:15
Tips Bersepeda untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Bersepeda adalah kegiatan luar ruangan yang menyenangkan dan juga memiliki banyak manfaat kesehatan serta kebugaran. Bahkan, bersepeda juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Bersepeda adalah aktivitas aerobik yang dapat memberikan Anda latihan dengan intensitas sedang hingga kuat tergantung pada seberapa cepat Anda mengayuh dan jenis medan jalan yang Anda pilih.

Setiap kali Anda bersepeda, Anda menggunakan otot-otot terbesar di tubuh Anda yang memberi Anda latihan yang baik, memompa jantung, dan membakar kalori.

Tetapi untuk memaksimalkannya, berikut adalah sejumlah tips bersepeda untuk menjaga kebugaran dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Makan Sarapan Sehat

Sebelum memulai bersepeda di pagi hari, pastikan Anda sudah kenyang dengan sarapan yang baik.

Ini tidak hanya akan mendorong tubuh Anda untuk mempercepat proses metabolisme, membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga akan memberi Anda lebih banyak energi saat berkendara.

Jangan Berpakaian Berlebihan

Anda mungkin memperhatikan beberapa orang berpakaian berlebihan untuk membantu mereka berkeringat lebih banyak.

Meskipun ini ideal dalam cuaca yang lebih dingin, melakukan ini di iklim yang lebih hangat hanya akan menyebabkan kehilangan cairan (yang tidak Anda perlukan saat bersepeda), menyebabkan kelelahan yang lebih cepat dan bersepeda yang lebih pendek.

Batasi Asupan Gluten Anda

Alih-alih gluten, pilihlah alternatif yang lebih sehat seperti pisang, jeruk, dan kentang. Batangan energi bebas gluten juga merupakan pilihan yang bagus.

Ini tidak hanya akan membatasi konsumsi makanan olahan Anda, tetapi Anda juga akan mendapatkan lebih banyak nutrisi. Pisang sangat bagus untuk tetap berenergi saat bersepeda.

Bersepeda dengan Kecepatan Sedang

Jika Anda ingin membakar lemak, usahakan untuk kecepatan berkuda yang memberi Anda detak jantung antara 68% dan 79% dari detak jantung maksimal Anda.

Dengan cara ini akan membuat Anda lelah tetapi tidak terkuras, menghasilkan latihan yang lebih baik. Untuk membantu Anda tetap konsisten, Anda dapat membuat rencana latihan bersepeda mingguan yang dapat Anda ikuti.

Berkendara dengan Intensitas Tinggi Sekali Seminggu

Setelah Anda mulai terbiasa dengan bersepeda santai dan lari jarak pendek, inilah saatnya untuk meningkatkan intensitas bersepeda Anda setidaknya seminggu sekali.

Juga dikenal sebagai HIIT (pelatihan interval intensitas tinggi), ini akan membantu membuat tubuh Anda lebih efisien dalam membakar kalori. Bertujuan untuk setidaknya 70% hingga 90% dari detak jantung Anda, yang dapat Anda capai dengan bersepeda intens atau bersepeda menanjak.

Artikel Asli