Ini Penyebab Kulit Kering di Sekitar Mulut atau Bibir

Gaya Hidup | yesdok.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 01:10
Ini Penyebab Kulit Kering di Sekitar Mulut atau Bibir

Kulit kering di sekitar mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk dermatitis perioral, dehidrasi, alergi, dan iritasi akibat penggunaan produk tertentu. Melembapkan kulit dengan losion atau minyak wajah mungkin dapat membantu mengatasi masalah ini.

Akan tetapi, jika kulit kering muncul secara terus-menerus dan susah untuk diobati sendiri, maka cari tahu dulu penyebabnya dengan mengunjungi dokter sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan medis terbaik.

Kulit di sekitar mulut dapat mengering karena berbagai penyebab, seperti:

Alergi atau iritasi

Kulit di sekitar mulut bisa menjadi kering karena paparan bahan kimia keras, seperti yang terkandung dalam sabun wajah, produk makeup, produk kebersihan gigi dan mulut. Hindari produk wajah yang mengandung alkohol berlebih, dan cobalah untuk memilih produk yang mengandung bahan dasar alami.

Cuaca dingin atau berangin

Suhu yang dingin dan tingkat kelembapan yang rendah dapat membuat kulit kering atau pecah-pecah. Kulit kering dan sensitif akan sangat rentan terjadi di sekitar mulut dan tangan.

Dermatitis perioral

Dermatitis perioral adalah kondisi kulit di mana muncul ruam di sekitar mulut, yang juga bisa menyebar ke kulit disekitar hidung dan mata.

Gejala-gejala ini dapat datang dan pergi selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Salah satu penyebab paling umum dari kondisi ini adalah penggunaan krim steorid topikal atau inhaler steroid dalam waktu yang lama. Kondisi ini juga dapat terjadi akibat iritasi kulit atau rosacea.

selain itu, beberapa orang juga mengalami dermatitis perioral karena menggunakan krim atau pelembap wajah yang berat, atau pasta gigi yang mengandung fluoride.

(Foto: skincare.com)

Artikel Asli