24 Tahun Meninggalnya Putri Diana, Pangeran Harry Kutuk Paparazzi

Gaya Hidup | tabloidbintang | Published at Rabu, 01 September 2021 - 01:20
24 Tahun Meninggalnya Putri Diana, Pangeran Harry Kutuk Paparazzi

Putri Diana atau Princess of Wales meninggal dalam kecelakaan tunggal, pada 31 Agustus 1997 di terowongan Pont de l'Alma, Paris, Prancis. Hari ini tepat peringatan 24 tahun meninggalnya mantan istri Pangeran Charles itu.

Dalam kecelakaan tragis itu, Putri Diana menumpangi mobil Mercedes S-280 bersama kekasihnya, milyuner Dodi Fayed. Supir yang mengendarai mobil, Henri Paul dan Dodi Fayed meninggal di lokasi kecelakaan. Putri Diana sempat bertahan hidup sebelum dibawa ke La Pitie Salpetriere Hospital.

Dikutip dari Independent tahun 2008, pengadilan negeri setempat menyatakan Henri Paul dan paparazzi sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kematian Putri Diana dan Dodi Fayed. Sidang putusan tersebut keluar setelah mendengar bukti di pengadilan selama enam bulan.

Kala itu dua putra Putri Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry merasa terpukul dengan kepergian ibunda tercinta. Pangeran Harry pun mengutuk aksi paparazzi. Diketahui, sebelum terjadi kecelakaan, paparazzi membuntuti Putri Diana dan Dodi Fayed dari Hotel Ritz Paris. Putri Diana terkapar di kursi belakang mobil, lalu deretan paparazzi di lokasi kejadian sibuk mengambil gambar.

"Salah satu hal yang paling sulit diterima adalah orang-orang yang mengejarnya (Putri Diana) ke dalam terowongan adalah orang yang sama yang mengambil foto dirinya saat dia masih sekarat di kursi belakang mobil," kata Pangeran Harry di film dokomenter Diana, 7 Days.

"William dan aku tahu itu. Kami sudah diberi tahu berkali-kali oleh orang-orang yang tahu itu masalahnya," terang Pangeran Harry.

Suami Meghan Markle itu tampak kesal, menceritakan kondisi Putri Diana sebelum meninggal dunia. Ia lalu menyebut para paparazzi itu sebagai penyebab kecelakaan yang dialami ibunda tercinta.

"Dia (Putri Diana) mengalami cedera kepala cukup parah, tapi dia masih bisa bertahan hidup di kursi belakang," ungkap putra sulung Putri Diana.

Ayah Archie Harisson Mountbatten-Windsor itu menegaskan, paparazzi tak memiliki hati nurani. "Dan orang-orang yang menyebabkan kecelakaan itu bukannya membantu, malah mengambil foto saat dia sekarat di kursi belakang," jelas Pangeran Harry.

(pri)

Artikel Asli