Loading...
Loading…
Hipertensi Ternyata Lebih Banyak Menyerang Wanita, Ternyata Ini Penyebabnya!

Hipertensi Ternyata Lebih Banyak Menyerang Wanita, Ternyata Ini Penyebabnya!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 24 Agustus 2021 - 14:45

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal.

Hipertensi sering disebut dengan silent killer lho Moms. Ini dikarenakan hipertensi sering kali enggak memiliki gejala.

Padahal, tekanan darah yang tinggi bisa jadi risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Tekanan darah sendiri bergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung dan ukuran arteri. Semakin sempit arteri, maka tekanan darah juga semakin tinggi.

Tau enggak Moms berapa tekanan darah yang dianggap normal?

Tekanan darah yang berada di bawah 120/80 mmHg dianggap normal. Sedangkan jika angkanya mencapai lebih dari 130/80 mmHg dianggap mengalami tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Viva.co.id , menurut Priggodigo, spesialis penyakit dalam-konsultan ginjal dan hipertensi, hipertensi lebih banyak dialami oleh wanita dan bisa terjadi pada usia muda.

Penyebab Seseorang Rentan Mengalami Hipertensi

Dikutip dari Klikdokter.com, sebenarnya, hipertensi bisa terjadi pada siapa saja. Tetapi, terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan mengalami penyakit ini, di antaranya:

1. Usia

Seiring bertambahnya usia, kelenturan pembuluh darah bisa berkurang sehingga dapat menyebabkan tekanan darah lebih mudah meningkat. Ini sebabnya, mereka yang berusia di atas 40 tahun akan lebih rentan mengalami hiperensi dibandingkan yang berusia muda.

2. Riwayat keluarga

Seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan hipertensi akan lebih berisiko untuk mengalami kondisi yang sama di kemudian hari.

3. Berat badan berlebih

Kelebihan berat badan atau obesitas menyebabkan jantung bekerja lebih berat dari seharusnya. Hal ini membuat risiko tekanan darah tinggi meningkat berlipat ganda.

4. Kurang aktivitas fisik

Secara umum, jantung akan bekerja dengan ritme yang baik dan mengalirkan darah lebih lancar saat berolahraga. Ini mengapa mereka yang jarang berolahraga akan mudah mengalami hipertensi.

5. Pola makan tidak sehat

Sering mengonsumsi makanan tinggi kalori, berlemak, dan tinggi garam juga meningkatkan risiko terjadinya hipertensi.

6. Merokok

Rokok dapat merusak dinding pembuluh darah, membuat pembuluh darah kehilangan elastisitasnya, sehingga hipertensi kerap tak bisa dihindari lagi.

Mengapa Wanita Rentan Terkena Hipertensi?

Data menyebutkan pria sebenarnya lebih sering mengalami hipertensi dibandingkan wanita pada usia kurang dari 55 tahun. Sementara, di usia lebih ari 55 tahun, wanita akan lebih rentan mengalami hipertensi.

Salah satu alasannya, yakni dikarenakan oleh kadar hormon estrogen dan progesteron yang masih tersedia.

Estrogen dan progesteron dapat melindungi pembuluh darah dari reaksi oksidatif akibat polusi, makanan, dan sebagainya, serta mencegah pembuluh dari peradangan.

Di samping itu, hormon estrogen juga mempengaruhi keseimbangan sistem renin angiotensin di ginjal yang berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah.

Namun pada perjalanannya, wanita akan mengalami berbagai kondisi seperti kehamilan, pemakaian kontrasepsi (terutama kontrasepsi hormonal), dan menopause.

Keadaan-keadaan tersebut dapat menyebabkan kedua hormon yang sebelumnya berperan menjadi pelindung mengalami penurunan jumlah secara drastis.

Maka dari itu, memasuki usia 55 tahun, wanita menjadi sama rentannya, bahkan lebih rentan, mengalami hipertensi dibandingkan kaum pria.

Tapi, bukanberarti setiap wanita akan mengalami hipertensi saat usianya menginjak 55 tahun ya Moms. Risiko penyakit ini bisa diperkecil dengan menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin.

Berikut beberapa cara untuk menerapkan gaya hidup sehat, di antaranya:

1. Wajib konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, rendah garam, dan rendah lemak jahat (LDL) setiap hari.

2. Berolahraga 30 menit setiap hari, sebanyak 3-5 kali setiap minggu.

3. Hindari rokok dan alkohol sama sekali

4. Cukup istirahat. Tidur selama 8 jam setiap hari.

5. Periksa kesehatan secara berkala ke dokter.

Itulah penjelasan terkait wanita berisiko tinggi terkena penyakit hipertensi. Untuk itu, jangan lupa terapkan gaya hidup sehat ya Moms!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik