10 Rekomendasi Obat Batuk Bayi yang Aman Dikonsumsi

okemom.com | Gaya Hidup | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 07:04
10 Rekomendasi Obat Batuk Bayi yang Aman Dikonsumsi

OKEMOM Batuk membuat bayi mudah rewel, tidak nyaman dan mood swing. Mom bisa segera memberikan obat batuk bayi yang aman dikonsumsi.

Ada banyak pilihan sesuai jenis batuk si kecil. Berdahak, kering atau batuk disertai demam. Kali ini, OKEMOM telah merangkum beberapa obat batuk bayi yang ampuh. Cek list berikut, yuk!

1. Paracetamol

Source: Freepik/aleksandarlittlewolf

Paracetamol cocok diberikan pada bayi sejak usia dua bulan. Meredakan demam dan nyeri tenggorokan akibat batuk. Untuk pemberian yang tepat sebaiknya setiap 4-6 jam sekali dalam sehari.

Gunakan sendok obat atau pipet agar sesuai dengan takaran dosis yang dianjurkan pada kemasan obat. Hindari memberi paracetamol terlalu banyak karena dapat merusak organ hati.

Pastikan pula paracetamol atau acetaminophen diberikan dalam resep dokter saat bayi batuk. Biasanya dokter akan merekomendasikan jenis obat sirup.

2. Ibuprofen

Selanjutnya, ada ibuprofen . Efektif mengurangi demam, nyeri dan peradangan. Bisa diberikan pada bayi minimal berusia tiga bulan dengan berat badan lebih dari 5 kg.

Pemberian ibuprofen dianjurkan tidak lebih dari tiga dosis dalam jangka waktu 24 jam. Cek kondisi bayi setelah minum ibuprofen.

Jika lebih dari dosis, berisiko menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah. Oleh karena itu, harus sesuai resep dokter untuk pembeliannya.

3. Tempra Drops Paracetamol

Source: Instagram/@bennylie.tp

Bila Mom mencari produk obat batuk bayi yang aman dikonsumsi, Tempra Drops Paracetamol termasuk merek paling direkomendasikan. Dengan kandungan 80 mh/0,8 paracetamol , ampuh meredakan batuk, flu dan demam.

Khusus bayi di bawah satu tahun, obat ini diminum 3-4 kali dengan dosis 0,6 ml. Secara bertahap, batuk bayi berangsur pulih, tubuhnya lebih nyaman dan tidur lebih lelap.

4. Larutan saline

Sering kali, batuk disertai pilek membuat hidung bayi tersumbat dan sulit bernapas dengan baik. Untuk kondisi ini, Mom bisa berikan cairan saline dari apotik.

Saline adalah jenis larutan air dan garam steril untuk mengencerkan lendir pada hidung akibat infeksi virus. Sehingga lebih mudah dikeluarkan bayi.

Larutan saline tersedia dalam bentuk spray dan cairan tetes. Cukup teteskan 2-3 kali ke hidung bayi menggunakan pipet. Diamkan beberapa menit agar lendir encer. Lalu, keluarkan lendir dengan alat isap.

5. Uni Babys Cough Syrup

Source: Istimewa

Bayi usia 6 bulan bisa diberikan obat batuk bayi Uni Babys Cough Syrup . Ampuh menyembuhkan batuk berdahak, demam dan flu.

Rasanya manis membuat bayi tak akan hambar. Perhatikan takaran dosis minum pada kemasan. Bayi berusia 6-12 bulan diberikan 1/2 sendok takar sebanyak 3-4 kali per hari.

6. Botanina Comforting Baby Oil

Jika selama ini mengira obat batuk bayi selalu diminum, ternyata ada yang hanya dioleskan pada kulit bayi lho , Mom. Salah satunya, Botanina Comforting Baby Oil .

Baby oil ini bukan sekadar membantu meredakan batuk, tapi juga mengatasi sakit kepala dan gangguan pernapasan pada si kecil. Aromanya membuat bayi rileks.

7. Mucopect Drop

Source: Instagram/@qorihealth_shop

Untuk batuk berdahak yang sulit dikeluarkan, coba gunakan Mucopect Drop . Mengandung ambroxol hidroklorida (HCl) yaitu zat pengencer dahak sehingga mudah dikeluarkan dari tenggorokan anak.

Mucopect Drop bisa dikonsumsi bayi di bawah dua tahun. Gunakan dosis 7,5 mg/ml sebanyak dua kali sehari. Pastikan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

8. Cessa Cough & Flu

Cessa Cough & Flu dapat diminum langsung maupun dioleskan pada kulit bayi secara berkala. Karena memang produk ini berupa essential oil yang diracik dari 100 persen bahan alami. Cocok untuk anak 0-2 tahun.

Bila si kecil sulit meminum obat cair, oleskan saja ke bagian punggung dan dada bayi sembari lakukan pijatan lembut agar Ia lebih nyaman. Aroma obat batuk bayi ini memberi efek rileks dan meredakan gejala batuk pilek.

9. Anakonidin Syrup

Source: Instagram/@tokoobat_syafakillah_blokagung

Selanjutnya ada merek obat batuk aman untuk bayi yaitu Anakonidin Syrup . Apalagi jika batuk disertai demam, sakit kepala, flu, hidung tersumbat dan alergi.

Produk satu ini mengandung dextromethrophan yang ampuh mengurangi frekuensi batuk dan guaifenesin untuk encerkan dahak. Ditambah dengan kandungan pseudoephedrine untuk melegakan pernapasan dan chlorpheniramin e sebagai anti-alergi.

10. Anatuk

Terakhir, OKEMOM rekomendasikan obat batuk bayi herbal Anatuk. Terbuat dari madu asli dan bahan alami lainnya berasal dari tumbuhan senggugu (Rotheca serrata) .

Batuk kering maupun berdahak disertai flu, pilek dan demam sangat bisa diatasi dengan obat Anatuk ini. Berikan 1-2 sendok teh setiap tiga kali sehari.

Tentunya ada banyak lagi merek obat batuk bayi yang aman dikonsumsi. Mom bisa meminta rekomendasi langsung dari dokter agar takaran dosisnya sesuai. Semoga bermanfaat.

Artikel Asli